sewing, cotton, thread

Berencana Bikin Baju Sendiri? Simak Cara Mengukur Badan dari Ahlinya

Penulis: Noor Yasmin Ishmah – Koordinator Rumbel Menjahit Ibu Profesional Bandung

Mengawali artikel ini, mari berkenalan dengan Rumbel (Rumah Belajar) Menjahit. Rumbel ini berdiri pada tahun 2015 atas inisiasi Teh Ai Santiana. Hingga saat ini, Rumbel Menjahit menjadi salah satu rumah belajar yang aktif mengadakan pelatihan di Ibu Profesional Bandung lho, Bun!

Kali ini Teh Yasmin, Koordinator Rumbel Menjahit, akan berbagi ilmu yang beliau dapatkan di kelas BBM (Belajar Bersama Mentor) tentang bagaimana cara mengukur badan yang benar. Bagi beliau, ini adalah topik yang sangat penting karena dalam membuat pola dibutuhkan ukuran yang tepat agar pakaian terasa nyaman saat digunakan. Mari simak tuntunan di bawah ini.

Mengukur badan dimulai dengan mengukur lebar bahu. Titik awal pengukuran adalah dari titik tertinggi bahu (bagian bahu yang paling dekat leher) hingga titik terendah bahu (perbatasan dengan pangkal lengan).

Setelah itu Bunda dapat mengukur leher dengan cara melingkarkan meteran pada bagian pangkal leher. Hasil pengukuran ditambah 2 sentimeter agar bagian leher lapang dan tidak mencekik.

Untuk ukuran dada, Bunda dapat mengukur panjang dan lebar dada. Titik pengukuran panjang dada dimulai dari lekuk leher hingga pinggang, pada tempat ikat pinggang biasa dikenakan. Jika model Bunda memiliki perut yang besar, panjang dada diukur dari lekuk leher sampai batas pusar, lalu dikurangi 3 cm.

Lebar dada diukur pada titik yang posisinya 7 cm di bawah titik bahu tertinggi ke arah tulang dada. Pengukuran dilakukan dari sisi kiri dada ke sisi kanan.

Lingkar badan diukur mulai dari titik tengah dada mengelilingi punggung. Kencangkan belitan meteran, lalu hasil ukuran ditambah 2 cm. Panjang sisi badan diukur mulai dari ketiak hingga titik ikat pinggang.

Lingkar pinggang, diukur dengan melingkarkan meteran dari bagian depan pinggang. Turun ke bawah sedikit, lingkar panggul diukur dengan cara yang sama dengan lingkar pinggang namun  hasil pengukuran ditambah 2 cm.

Yang tersisa adalah mengukur panjang baju dan panjang lengan. Panjang baju diukur dari pinggang hingga panjang rok yang diinginkan. Kemudian panjang lengan diukur dari ujung bahu hingga pergelangan tangan atau sesuai keinginan Bunda.

Teh Yasmin menganjurkan untuk mempraktikkan pedoman ini di rumah sebagaimana tagline-nya Rumbel Menjahit, “Yuk bikin bajumu sendiri”. Pasti senang rasanya jika bisa bikin pakaian sendiri, terlebih kalau berhasil membuatkan untuk orang tercinta.

Sumber : Diklat Pengetahuan dan Teknik Menjahit Tingkat Dasar oleh Dewie Sienta

Disampaikan oleh Teh Nofy pada kelas BBM (Belajar Bersama Mentor) Rumbel Menjahit.

Leave a Comment