glasses, book, education

Resensi Buku “Bisnis Jalan Langit”: Lika-liku Perjalanan Bisnis Selama 20 Tahun

Penulis: Amila Yosalfa F.

Rumbel Bisnis Ibu Profesional Bandung

Setelah sukses menulis buku pertamanya, “Kepemimpinan Jalan Langit”, kali ini Owner Syaamil Grup, Riza Zacharias, kembali menulis bukunya yang kedua tentang bisnis.

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata bisnis? Usaha, uang, karyawan, marketing atau sales, keuangan, operasional, dan lain-lain. Pada umumnya, ilmu tentang bisnis yang tersebar baik di dunia maya maupun di toko-toko buku adalah hal-hal mengenai tentang teknis bisnis. Padahal bisnis tidak hanya bicara soal teknis pelaksanaan, tetapi fondasi ataupun mindset bisnis tidak kalah pentingnya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ataupun usaha sang owner gulung tikar. Akibatnya, banyak yang banting stir menjadi pengusaha.

Mindset bisnis adalah sesuatu yang jarang dibicarakan di forum-forum bisnis, namun kali ini Riza Zacharias, penulis sekaligus Owner Syaamil Grup menawarkan sesuatu yang berbeda. Di dalam bukunya “Bisnis Jalan Langit” ia membahas tentang mindset atau fondasi penting dalam berbisnis berdasarkan Al-Quran dan Sunnah.

Penulis dalam bukunya menceritakan pengalaman bisnis dimulai dari perintisan sampai sekarang masih berkibar meski dilanda pandemi Covid-19. Penulis mengakui, perjalanan bisnis adalah perjalanan yang penuh dengan lika-liku. Dengan berbagi pengalaman tersebut penulis berharap para pembaca tidak mengalami hal yang sama.

“Pengalaman orang lain adalah guru terbaik.” Demikian kira-kira pesan yang ingin disampaikan beliau dalam buku ini. Ustaz Riza benar-benar meniru Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat untuk bisa sukses melalui ‘cara langit’, tulis Luqmanulhakim, pimpinan dan pengasuh sebuah pondok pesantren di Pontianak.

Di dalam buku Bisnis Jalan Langit karya Riza Zacharias ini Anda akan menjalani bisnis tanpa perlu merasa was-was. Karena Anda sendiri tak harus mengalaminya, cukup dengan menyimak dan belajar dari pengalaman penulisnya. Buku ini dikemas elegan dengan gaya penulisan mengalir lancar layaknya bercerita antarsahabat.

Penulis mengawali buku ini dengan pengalaman penulis membangun atau merintis Syaamil Grup. Jatuh bangun, penderitaan, kebangkrutan, pengkhianatan, terlilit utang, semua hal yang pasti menjadi mimpi buruk para pebisnis. Meski diawali dengan bahasan ‘kegagalan’, ada pula ulasan mengenai berbisnis sesuai arahan kitab suci untuk meraih kesuksesan dunia akhirat, yaitu Al-Quran.

Tiap tema dibahas dengan saksama. Paparan tema menggunakan bahasa yang memikat dan tidak rumit, sehingga mereka yang awam dunia bisnis juga mampu memahami dan menikmati membaca tema tersebut. Walau tema agak berat layaknya buku yang membahas dunia bisnis, dijamin Anda dapat mencernanya.

Berikut ini spesifikasi buku Bisnis Jalan Langit, karya Riza Zacharias.

Sampul Buku Bisnis Jalan Langit karya Riza Zacharias

Judul: Bisnis Jalan Langit

Penulis: Riza Zacharias

Penerbit: Syaamil

Jenis cover: hardcover, spot UV, Doff, Embos

Ukuran cover: 16,5 x 24,25 cm

Ukuran isi: 15,5 x 23 cm

Bahan isi: HVS 80 gram

Jumlah halaman: 392 halaman

Berat: 800 gram.***

Sumber artikel: Syaamil (https://syaamilgroup.id/2020/11/18/buku-bisnis-jalan-langit-karya-riza-zacharias/)

Sumber foto: Syaamil (https://syaamilgroup.id/2020/11/18/buku-bisnis-jalan-langit-karya-riza-zacharias/)

Keterangan foto: Buku Bisnis Jalan Langit karya Owner Syaamil Grup, Riza Zacharias

1 thought on “Resensi Buku “Bisnis Jalan Langit”: Lika-liku Perjalanan Bisnis Selama 20 Tahun”

  1. Pingback: Tips Bisnis Online Untuk Pemula - Ibu Profesional Bandung

Leave a Comment