Rumbel Public Speaking: Berkarya dengan Bicara

Penulis: Dede Nunung W dan Saenastiti

Tim Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung

Sampurasun bunda dan calon bunda kebanggaan keluarga.

Perempuan terkenal dengan kegemarannya berbicara. Perempuan mampu mengeluarkan 20.000 kata setiap harinya. Bagaimana cara memanfaatkan kemampuan berbicara tersebut dengan lebih baik?

Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung menjadi rumah bagi para perempuan yang memiliki passion dalam Public Speaking untuk belajar bersama. Dengan tagline “Speak Up, Walk The Talk”, Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung mengajak anggotanya untuk berbicara sesuai pengalaman. Hal-hal yang dibicarakan merupakan hasil karya yang sudah dipraktikkan sendiri.

Napak Tilas Rumbel Public Speaking

Rumah Belajar Public Speaking Ibu Profesional Bandung resmi diluncurkan pada tanggal 15 Mei 2016 di Gedung Graha Ganesha Bandung. Rumah Belajar Public Speaking Ibu Profesional Bandung hadir untuk meningkatkan kemampuan ibu dan calon ibu dalam hal public speaking, agar fitrah bicaranya bisa lebih terarah dan menginspirasi.

Menjadi seorang ibu, salah satu kemampuan yang harus dimiliki yaitu kemampuan bicara yang efektif dan komunikatif agar dapat menunjang peran serta amanahnya di keluarga maupun ranah publik.

Rumah Belajar Public Speaking Ibu Profesional Bandung Batch #1, atau dikenal juga dengan sebutan RBPS, dipimpin oleh Evi Suci Pratiwi Sobandi sebagai koordinator. Kemudian kepemimpinan dilanjutkan oleh Lida Maulida sebagai koordinator Rumah Belajar Public Speaking Ibu Profesional Bandung Batch #2.

Memasuki Batch #3, Rumah Belajar Public Speaking Ibu Profesional Bandung mengalami perubahan. Mengikuti wajah baru Ibu Profesional, yakni berada dalam komponen Kampung Komunitas Ibu Profesional. Sebutannya pun tidak lagi RBPS, melainkan menjadi Rumbel Public Speaking.

Pengurus Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung Periode 2020-2021

Pada awal periode kepengurusan, Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung dipimpin oleh Tsara Desiana Akmilia sebagai koordinator. Di tengah periode kepengurusan, tepatnya di awal tahun 2021, amanah koordinator dilanjutkan oleh Dede Nunung Widianingsih.

Selain koordinator, saat ini di kepengurusan Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung juga terdapat dua orang pengurus lainnya, yaitu Tri Wahyuni Purnawati sebagai PJ Online dan Saenastiti sebagai PJ Offline. Ketiga orang tersebut yang menjadi tim dapur pengurus Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung.

Kegiatan di Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan di Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung, di antaranya adalah:

  • Bincang Public Speaking, yaitu sebuah kegiatan bincang santai seputar topik yang berkaitan dengan dunia Public Speaking. Kegiatannya bervariasi dengan aneka permainan seru yang mengasah kemampuan public speaking dan jam terbang para anggotanya.
  • SLIDE (Sehari Lebih Dekat), yaitu sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengenal lebih dalam setiap anggota Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung. Setiap anggota akan mendapatkan kesempatan menjadi bintang SLIDE, dengan menunjukkan kemampuan public speaking sambil memperkenalkan dirinya.
  • One Talk A Month Challenge, yaitu sebuah kegiatan tantangan yang dilakukan satu bulan sekali. Dimana setiap anggota ditantang untuk melakukan public speaking sesuai dengan tema yang ditentukan.

Selain tiga kegiatan tersebut, ada banyak kegiatan lain yang dilakukan di Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung.

Berkarya dengan Parade Live

Kegiatan parade live yang telah dilaksanakan di akhir tahun 2020 menjadi salah satu karya anggota Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung. Kegiatan parade live tersebut merupakan bagian dari Mini Project Program Kaulinan Istri Komunitas Ibu Profesional Bandung. Di mana para anggota berbagi dan menunjukkan kemampuan public speaking dengan live di akun media sosialnya masing-masing. Topik yang dibahas setiap anggota sangat beragam. Namun semua topik berkaitan dengan public speaking. Parade live tersebut merupakan salah satu contoh karya yang dapat dihasilkan dari berbicara.

“Bicara Kita Berkarya, Karya Kita Berbicara!”

Leave a Comment