old, retro, antique

Keseruan Bunda Sayang

Penulis: Elmus Rahma

Mahasiswi Bunda Sayang #6

Institut Ibu Profesional Bandung

Setelah sekian bulan menjelajahi Samudera Matrikulasi penuh makna, para petualang akhirnya menemukan berbagai harta karun cantik sebagai bekal menuju tempat petualangan berikutnya. Oh! Jangan lupa ada juga yang berangkat setelah menyelesaikan aneka permainan seru  di Wahana Transcity dan membawa serta souvenirnya. Semuanya satu persatu tiba di Pantai Bentang Petualang, sebuah Pantai indah yang juga menjadi gerbang Pulau Cahaya. Tertanggal hari itu, akhir Agustus 2020, pantai resmi dibuka untuk 12 Purnama di 12 Zona Petualangan luar biasa di perkuliahan Bunda Sayang Institut Ibu Profesional.

Pantai Bentang Petualang dipimpin oleh seorang Manika. Sobat tualang juga berkenalan dengan KakaWI, yang akan berbagi berbagai ilmu di 12 Zona Petualangan. Di Pantai, sebagian besar sobat tualang sudah berkenalan dengan teman sesama regionalnya. Tapi, tentu saja selalu ada yang seru dari perkuliahan di Institut Ibu Profesional.

Di Bunda Sayang Institut Ibu Profesional kali ini, para sobat tualang diminta membuat Pondok Pesisir yang sesuai dengan kebutuhannya. Pondok ini terdiri dari Pondok untuk sobat tualang yang belum menikah, sudah menikah belum punya anak, dan sudah menikah dengan berbagai rentang umur anak. Total ada puluhan Pondok yang dibangun untuk menjadi tempat berkumpul dan beristirahat para sobat tualang. Lewat pondok-pondok ini, sobat tualang berkenalan dengan banyak teman baru dari berbagai wilayah di Indonesia dan dunia.

Tentu bukan itu saja hal menyenangkan yang terjadi di perkuliahan Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Ada berbagai macam kegiatan seru, selain mengerjakan tantangan 15 hari selama 1 purnama berada di 1 zona. Apa sajakah kegiatan itu?

  1. Api Unggun yang menghangatkan hati. Di sini KakaWI akan berbagi ilmu terkait Zona yang akan dilalui.
  2. Melihat Bintang bersama di pinggiran Pantai, yaitu kegiatan Bincang Tantangan yang akan dilakukan selama 15 hari di Zona tersebut.
  3. Mentari Pagi, yaitu sesi berbagi semangat antarpetualang setiap hari Senin, supaya semakin semangat menjalani hari-hari tantangan.
  4. Melingkar Bundar, sesi manis saling mengenal lebih dekat dengan teman se-Pondok.
  5. Lesehan Kopyor, minum es kelapa sambil mengulas kembali tantangan yang telah dilalui bersama kakaWI.
  6. Pantulan Warna, sesi mencurahkan isi hati setelah berhasil melewati tantangan.
  7. High Ending Energy, yaitu hadiah untuk setiap sobat tualang yang berhasil menyelesaikan misi. Hadiah ini akan berguna untuk menyelesaikan misi selanjutnya di Zona berikutnya.

Pada awalnya, petualangan akan berlangsung selama 12 purnama dengan tantangan di 12 zona. Namun, menjelang awal tahun 2021, terjadi perubahan menjadi 8 zona dengan beberapa zona kemudian disatukan tanpa mengurangi maknanya.

Lalu, ada Zona apa sajakah di Bunda Sayang Institut Ibu Profesional?

  1. Komunikasi Produktif
  2. Melatih Kemandirian
  3. Cerdas Emosi dan Spiritual
  4. Gaya Belajar dan Stimulasi Kreativitas
  5. Stimulasi Baca Tulis dan Literasi Digital
  6. Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial
  7. Pendidikan Seksualitas
  8. (Masih dirahasiakan)

Semua ilmu yang didapat dari seluruh zona tersebut sangat berkaitan dengan keseharian menjalani peran sebagai ibu, sehingga ilmu yang langsung dipraktikkan tersebut sangat bermanfaat.

Sebagai tambahan info keseruan di Bunda Sayang Institut Ibu Profesional, tantangan misi dan ilmu yang diberikan tidak hanya dapat diterapkan pada yang sudah memiliki anak. Untuk perempuan yang belum menikah maupun sudah menikah tetapi belum mempunyai anak, penerapan ini juga dapat dilakukan, lho.

Bagaimana? Tertarik mengikuti perkuliahan di Bunda Sayang Institut Ibu Profesional?

Leave a Comment