5 Persiapan Road Trip Bersama Keluarga

Pernahkah kalian melakukan Road Trip bersama keluarga? Pasti sangat seru kan ya. Road Trip adalah perjalanan darat jarak jauh dengan mengendarai mobil. Road Trip bersama keluarga akan selalu menyenangkan apalagi dengan persiapan yang baik. Ini juga menjadi salah satu sarana untuk memperkuat ikatan antar anggota keluarga. Bagaimana mempersiapkan sebuah road trip dengan baik?. Ini ada 5 (lima) persiapan sebelum road trip bersama keluarga, yaitu:

1. Diskusikan dengan seluruh anggota keluarga tentang rencana Road Trip

Sebelum melakukan road trip, wajib menyampaikan ke seluruh anggota keluarga tentang rencana tersebut. Hal ini agar seluruh anggota keluarga mempersiapkan diri. Selain itu, kita dapat mendiskusikan destinasi road trip dan perbekalan apa saja yang diperlukan. Walaupun anak-anak masih kecil, namun sudah waktunya untuk diajak diskus. Tujuannya agar mereka merasa memiliki perjalanan bersama keluarga.

2. Telusuri rencana jalur road trip kita

Ini wajib kita lakukan ya kawan. Mengapa? Karena kita harus mengetahui medan dari jalur road trip kita. Kita harus mengetahui ketersediaan lokasi pengisian bahan bakar, tempat istirahat, lokasi ATM. Selain itu juga diperlukan untuk mengetahui kondisi jalan pada jalur road trip kita. Nah, tak lupa juga mengetahui di mana letak ATM ya kawan. Jangan sampai kita tidak memahami medan sehingga mengalami kendala di perjalanan.

3. Cek dan ricek kondisi kendaraan

Kendaraan yang akan kita gunakan harus dalam kondisi fit. Sebaiknya satu minggu sebelum road trip, kita harus mengecek kondisi kendaraan. Kondisi mesin, ban dan bahan bakar. Ini adalah bagian utama dari kendaraan yang harus dipersiapkan. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan mesin. Ini digunakan untuk mengantisipasi kendala di lapangan.

4. Persiapkan bekal makanan kecil selama perjalanan

Makanan kecil juga wajib kita sediakan apalagi ketika membawa anak-anak. Tidak semua rute atau jalur perjalanan tersedia warung. Makanan kecil ini bisa menjadi penolong untuk mengisi perut kita. Selain itu, juga dapat mengatasi anak rewel selama perjalanan. Road trip dengan anak yang perlu diperhatikan adalah kondisi perut mereka. Jangan sampai mereka kelaparan ya.

5. Persiapkan uang tunai

Uang tunai harus ada di dalam dompet kita. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi apabila di jalur road trip yang kita lalui tidak ditemui fasilitas ATM. Berapa nominal uang tunai yang kita bawa? Secukupnya saja. Jangan terlalu banyak membawa uang tunai dalam perjalanan. Hal ini untuk mengantisipasi kerawanan rute yang akan dilalui. Kita juga harus bisa memprediksi jarak dan waktu tempuh.

Nah, sudah siapkan untuk melakukan road trip bersama keluarga? Pastikan semua anggota keluarga dalam kondisi sehat ya agar dapat menikmati road trip.

Road trip bersama keluarga
Road trip bersama keluarga

Leave a Comment