cinema, movie, camera

Film Indonesia Untuk Ditonton Keluarga

Sampurasun Bunda dan Calon Bunda.
Hari ini, tepatnya tanggal 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional. Film Indonesia seperti apa yang dapat ditonton bersama keluarga di hari spesial ini?

Hari Film Nasional

Tanggal 30 Maret 1950 menjadi peristiwa bersejarah bagi dunia perfilman Indonesia. Pada tanggal tersebut, untuk pertama kalinya dilakukan pengambilan gambar film Darah dan Doa. Film tersebut merupakan karya Usmar Ismail yang dikenal sebagai Bapak Film Indonesia. Film tersebut menjadi film pertama yang dibuat dan diproduksi oleh orang Indonesia.

Film Indonesia dimasa pandemi

Di masa pandemi ini, penutupan bioskop menjadi salah satu faktor yang berdampak bagi kemerosotan industri perfilman di Indonesia. Hal ini sesuai dengan pernyataan Hilmar Farid, Direktur Jendal Kebudayaan yang dilansir dari Kemendikbud, “Kemajuan perfilman Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Meski secara kuantitas dan perputaran industri jelas merosot terimbas pandemi Covid-19”.

Meskipun bioskop ditutup pada masa pandemi, namun ketertarikan masyarakat untuk menonton sangat tinggi. Menonton menjadi salah satu aktivitas favorit yang dilakukan oleh kebanyakan orang di masa pandemi. Dengan menonton film kita dapat terhibur, mendapatkan pelajaran dari cerita, mempelajari budaya, mengapresiasi karya seni serta masih banyak manfaat lainnya.

Menonton Film Indonesia melalui aplikasi streaming resmi

Pandemi ini membuat trend baru di masyarakat, orang-orang ramai menonton film melalui aplikasi streaming. Hal ini menjadi salah satu alternatif bagi industri perfilman agar tetap dapat berkarya. Kita pun dapat mendukung bangkitnya industri perfilman Indonesia dengan menonton film-film Indonesia melalui aplikasi streaming legal.

Manfaat menonton bersama Keluarga

Menonton film menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan bersama keluarga. Dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama, maka kedekatan antara anggota keluarga akan semakin terjalin. Menonton film bersama dapat menjadi salah satu sarana untuk mengaplikasikan komunikasi produktif di keluarga.

Dengan menonton film yang berkualitas, anak dapat belajar banyak hal dari mulai budaya, bahasa, nilai-nilai dan masih banyak manfaat lainnya. Setelah menonton film bersama, kita dapat melakukan diskusi tentang cerita, karakter setiap tokoh dan pelajaran yang dapat kita ambil dari film yang kita tonton.

Selain berdiskusi, kita pun dapat meminta anak untuk menceritakan kembali apa yang ia tonton. Atau bahkan meminta anak untuk membuat review film dan mempublikasikan hasilnya. Kegiatan ini dapat mengasah kemampuan anak dalam literasi. Dari nonton film anak pun dapat terinspirasi untuk berkarya dan mengembangkan karakter dirinya.

Rekomendasi film Indonesia untuk ditonton bersama keluarga

Dari sekian banyaknya karya film Indonesia, berikut ini tiga film ikonik yang dapat ditonton bersama keluarga di rumah.

Petualangan Sherina (2000)

Film Petualangan Sherina
Sherina dan Sadam, karakter utama dalam Film Petualangan Sherina
Sumber gambar: imdb

Film Petualangan Sherina meraih penghargaan sebagai film anak terbaik di penghargaan Bandung Film Festival tahun 2001. Film ini merupakan film komedi musikal yang disutradarai oleh Riri Riza dengan sentuhan musik dari Elfa Secioria.

Dengan menonton film ini, anak dapat mengambil pelajaran dari cerita persahabatan tokoh utamanya. Lagu-lagu dalam film ini pun menjadi ciri khas yang memberikan sensasi sendiri untuk selalu diingat oleh penontonnya.

Laskar Pelangi (2008)

 Film Laskar Pelangi
Salah satu adegan dalam Film Laskar Pelangi
Sumber gambar: imdb

Laskar Pelangi merupakan film yang diadaptasi dari buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Film ini bercerita tentang sekelompok anak dari keluarga miskin yang menempuh pendidikan di sebuah sekolah yang penuh dengan keterbatasan. Mereka ditemani oleh Bu Muslimah, sosok guru yang inspiratif.

Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik di penghargaan Indonesian Film Festival Tahun 2009. Dari film ini, anak dapat mengambil pelajaran tentang perjuangan anak-anak dipelosok dalam meraih pendidikan. Anak pun dapat mengenal kebiasaan dan budaya dari salah satu daerah di Indonesia (Belitung).

Keluarga Cemara (2019)

Film Keluarga Cemara
Poster Keluarga Cemara
Sumber: imdb

Film Keluarga Cemara merupakan adaptasi dari cerita bersambung di majalah yang telah dibuat novel dan juga sinetronnya. Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang awalnya hidup dengan nyaman di Jakarta, namun harus pindah dan tinggal di desa dengan segala keterbatasannya.

Film yang disutradarai oleh Yandy Laurens ini memenangkan penghargaan adaptasi skenario terbaik dari Festival Film Indonesia tahun 2019. Meskipun film ini diceritakan di masa modern, namun penggunaan panggilan yang khas ‘abah’ dan ’emak’ masih dipertahankan. Melalui hal tersebut anak dapat mempelajari kekayaan budaya Indonesia. Selain itu, anak dapat mengambil pelajaran tentang bagaimana menjalani kehidupan dengan segala tantangannya bersama keluarga.

Itulah tiga karya film Indonesia yang direkomendasikan untuk ditonton bersama keluarga. Mari kita menghabiskan waktu berkualitas di hari Film Nasional ini dengan menonton film Indonesia bersama keluarga.

Leave a Comment