Peran Keluarga Menangani Pecandu Narkoba

Peran Keluarga Membantu Menangani Pecandu

Memiliki anggota keluarga yang diduga pecandu narkoba, tentu anda akan merasakan sedih, kecewa, marah dan mungkin malu sehingga tidak jarang kenyataan tersebut ditutup tupi karena dianggap sebagai aib keluarga.  Padahal sebetulnya ada cara untuk menangani pecandu narkoba. Jadi, tepis semua perasaan tersebut demi bisa mengembalikan masa depan anggota keluarga Anda.

Jangan biarkan keluarga Anda semakin diperbudak oleh narkoba dan hancur sia sia. Mengutip pernyataan Mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudoyono “Mereka telah kehilangan masa lalu dan masa kininya, jangan biarkan mereka kehilangan masa depannya” maka sudah seharusnyalah kita berusaha untuk mengembalikan mereka menjadi pribadi yang “sehat” seperti sedia kala.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika anggota keluarga Anda adalah seorang pengguna atau pecandu Narkoba? Mengutip pernyataan Psikolog Klinis Balai Rehabilitasi BNN Lido, Vinna Coturinata, M.Psi yang harus dilakukan oleh keluarga apabila keluarga ketergantungan narkoba adalah

1. Bernegosiasi dengan Pecandu atau Secara Paksa Membawanya ke Rehabilitasi Narkoba / Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL).

Ada dua karakter pecandu yang harus kita ketahui, karakter pertama adalah mereka sudah memiliki kesadaran atau keinginan untuk berhenti dari ketergantungan narkoba dan yang kedua adalah mereka yang belum memiliki kesadaran tersebut. Lakukan pendekatan secara bertahap, apalagi jika kesadaran untuk berhenti belum muncul. Jika mereka sudah memiliki keinginan untuk berhenti/sembuh Anda bisa langsung membawanya ke Kantor BNN terdekat.

Jika dengan cara negosiasi tidak berhasil, barulah Anda lakukan secara paksa, mintalah bantuan aparat setempat atau Ketua PKK atau Babinsa maupun Babinkamtibmas di Kelurahan yang sudah tergabung kedalam Tim Penjangkauan Korban Penyalahgunaan Narkoba untuk membawanya ke Kantor BNN terdekat.

2. Memperbaiki Komunikasi dan Interaksi dalam Keluarga.

Komunikasi yang kurang baik di dalam keluarga membuat suasana rumah menjadi kurang nyaman. Ini membuat anak merasa terasing di rumah atau di keluarganya sendiri dan mencari perasaan nyaman di luar rumah, yaitu teman-teman sebayanya. Masalah akan muncul apabila teman-teman yang merangkulnya adalah teman-teman yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Jadi, ciptakanlah komunikasi yang baik antar keluarga. Jika dulu Anda kurang berkomunikasi dengan anak anda, mulailah untuk melakukan komunikasi rutin pada Anak Anda.  Buatlah kegitan rutin bersama keluarga misalnya dengan berwisata, makan bersama, dsb.

3. Tetaplah Bersatu Sebagai Satu keluarga dan Tidak terbagi Menjadi Kubu-Kubu yang Berseteru

Dalam satu keluarga biasanya akan ada kubu yang mendukung dan tidak mendukung proses penyembuhan pecandu. Jadilah keluarga yang kompak untuk medukung proses pemulihannya. Semakin kompak suatu keluarga dalam merespon perilaku pecandu, maka semakin kondusif keadaan dan semakin besar dukungan yang dapat diberikan kepada pecandu untuk melepaskan diri dari jeratan narkoba.

4. Tetap Berpartisipasi dan Menyadari bahwa Keluarga Merupakan Salah Satu Aset Utama dalam Pemulihan Pecandu Narkoba.

Banyak keluarga pecandu setelah menyerahkan anaknya ke tempat rehabilitasi, seolah olah lepas tangan begitu saja. Suport keluarga tetap diperlukan bahkan sampai ia selesai menjalani proses rehabilitasi. Kemungkinan untuk kembali menggunakan narkoba setelah selesai program rehabilitasi selalu ada namun dukungan dari lingkungan, terutama dari keluarga menjadi salah satu sumber kekuatan bagi pecandu untuk dapat meneruskan hidupnya lepas dari narkoba selamanya. Keluarga dapat turut serta membangkitkan kembali semangat, kepercayaan diri, dan harapan dalam diri pecandu yang sedang dalam masa pemulihan.

5. Tidak Putus Asa dan Cinta yang Tulus

Permasalahan yang dihadapi oleh keluarga pecandu narkoba adalah ketika timbul perasaan lelah, depresi, frustasi atau putus asa. Keluarga harus paham bahwa keluar dari ketergantungan narkoba tidaklah mudah. Dampingilah selalu anak Anda jika ia mengikuti proses rehabilitasi rawat jalan dan hadirlah dalam pertemuan keluarga yang sudah dijadwalkan oleh balai rehabilitasi. Tunjukan bahwa anda begitu mencintainyan dan betapa dia begitu berharga bagi Anda, serta hargailah setiap usaha yang ia lakukan untuk keluar dari ketergantungan narkoba.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menangani pecandu narkoba, nantikan informasi menarik lainnya yang bisa anda baca di website Ibu Profesional Bandung .

Leave a Comment