ecommerce, selling online, online sales

Tips Bisnis Online Untuk Pemula

Di era industri 4.0 ini penjualan secara online meningkat dengan pesatnya. Sering terpikir oleh kita, bagaimana sih memulai bisnis online? Bagaimana tips bisnis online yang tepat sasaran? Nah, kali ini tim penulis akan mencoba mengulas kulwap yang pernah disampaikan oleh seorang narasumber di Bumi Kabungah 5 Ibu Profesional Bandung. Beliau adalah Resti Hardiyanti, seorang mentor bisnis.

Apa itu Bisnis Online?

Sebelum kita masuk pada bagaimana cara memulai bisnis. Terlebih dahulu kita harus mengetahui, apa sih sebetulnya bisnis itu? Ada beberapa pengertian yang menjelaskan tentang hal tersebut, yaitu:

  1. Bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang (KBBI).
  2. Wikipedia menjelaskan bahwa bisnis adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba.
  3. Dalam bidang ekonomi, bisnis adalah kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk memperoleh laba.

Maka dari pengertian beberapa sumber tersebut, dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah suatu kegiatan usaha jual beli, baik barang maupun jasa yang dilakukan untuk memperoleh keuntungan.

Lalu bagaimana pengertian bisnis online? Yang dimaksud dengan bisnis online adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan baik menjual produk ataupun jasa, dimana bisnis ini menggunakan internet sebagai wadahnya (KBBI). Selama ada internet, maka bisnis bisa terus berjalan.

Mengapa Harus Bisnis Online? 

Memulai bisnis bukan lagi sesuatu yang sulit, karena sekarang kita bisa melakukannya secara online. Hal ini dapat menghemat waktu, uang, tenaga, dan pikiran kita.

Selain itu, dengan adanya bisnis online, pada usia muda bukan lagi masanya menghabiskan uang orangtua. Sedangkan pada usia tua, bukan lagi alasan orang yang sudah tua untuk memulai bisnis. Kemudian bukan lagi suatu alasan bagi ibu rumah tangga untuk tidak mempunyai penghasilan. Siapapun, dimanapun dan kapanpun semua orang bisa memulai bisnis online.

Sumber penghasilan bisnis online tidak hanya sebatas menjual barang saja loh tapi juga dapat berasal dari menjual jasa, iklan, Endroser, dan Affiliate/Dropshipper.

6 Syarat Utama Memulai Bisnis Online

Eits, Jangan lupa! Sebelum memulai bisnis, kita harus tahu dulu syarat utama memulai bisnis online. Syarat ini merupakan bagian inti dari tips bisnis online untuk pemula. Menurut narasumber syarat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Alasan Kenapa Memulai Bisnis 

Hal yang paling penting untuk memulai bisnis online adalah menentukan alasan kenapa sih kita mau berbisnis online? Caranya, tuliskan minimal 10 alasan yang menjadi strong why  kita dalam memulai bisnis. Jika suatu saat kita dilanda ketakutan, keputusasaan dan kebosanan dalam menjalani bisnis, maka ingatlah strong why ini.

Karena bisnis tidak selalu berjalan semulus yang dibayangkan. Jika alasannya tidak kuat, maka kita bisa berhenti di tengah jalan. Untuk mengatasi kemungkinan tersebut, 10 alasan yang pernah kita buat dapat menjadi penyemangat agar kita melanjutkan bisnis online yang sedang kita jalani. Strong why ini merupakan bagian terpenting dari tips bisnis untuk pemula.

Dalam berbisnis hal terpenting yang harus dilakukan adalah meluruskan niat. Jika niat dalam berbisnisnya salah, bisa repot ke depannya. Apabila niat sudah lurus kemudian alasan sudah kuat, barulah bisnis online dapat dilanjutkan.

2.  Ada calon pembeli

Tips bisnis online
Bisnis Online

Sebelum memulai bisnis, kita harus menentukan siapakah yang akan menjadi calon pembeli kita, apakah anak-anak, remaja atau orang dewasa. Kemudian laki -laki atau perempuan serta kriteria lainnya yang lebih spesifik. Karena ini nantinya akan berhubungan dengan produk apa yang akan kita jual.

3. Ada produk yang akan dijual

Pilihlah produk atau jasa apa yang akan kita jual. Produk yang akan dijual harus disesuaikan dengan calon pembeli (target pasar) kita. Jika belum punya produk atau masih bingung mau jualan apa, tak usah ragu untuk mencoba mempromosikan produk yang pernah dibeli dengan cara membuat reviewnya. Trik ini sangat hemat dan tidak perlu modal yang besar.

4. Ada koneksi internet

Karena bisnis yang kita lakukan adalah bisnis online, tentunya kita harus memiliki koneksi internet yang baik. Bahkan saat ini hanya dengan bermodalkan kuota internet saja, kita bisa langsung menjual barang tanpa harus menyetok barang. Bahkan tidak jarang banyak pebisnis online yang sukses dimulai dengan menjadi seorang dropshiper.

5. Ada platform yang akan digunakan

Setelah keempat syarat diatas terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah memilih platform untuk berjualan. Saat ini begitu banyak platform bisnis online yang bisa digunakan dan menjadi pilihan. Ada Website, Marketplace, Social media dan Youtube. Bahkan yang terbaru dan sedang ngehits saat ini adalah berjualan melalui Tiktok.

Platform bisnis online
Platform Bisnis Online

Masih bingung untuk mencari platform mana yang paling mudah untuk memulai bisnis online? Tidak usah bingung, pilihlah platform yang sudah terbiasa kita gunakan sehari-hari. Belakangan social media mengkhususkan fitur-fitur tertentu bagi pebisnis. Kita dapat menggunakan platform khusus bagi penjual, misalnya seperti whatsapp for business dan instagram for business.

Khusus untuk kedua platform tersebut, narasumber memberikan penjelasan lebih lanjut. Hal ini merupakan bagian istimewa dari tips bisnis online untuk pemula.

Whatsapp for Business

  • Manfaatkan fitur status untuk berjualan, tapi jangan berlebihan.
  • Jangan terus-terusan jualan, sampai lupa memberi kabar (misalnya update kegiatan sehari-hari)
  • Rajin-rajinlah saling menyimpan kontak dengan teman
  • Jangan pernah spam di grup maupun chat pribadi
  • Sering-seringlah berinteraksi, misalnya dengan membalas status teman. Namun yang perlu diperhatikan, bangunlah hubungan silaturahmi terlebih dahulu, jangan sampai langsung menyuruh atau meminta untuk beli dagangan yang kita jual. Adalah istilah yang disampaikan seorang pakar bisnis yaitu sharing-sharing dahulu baru selling kemudian.

Instagram for Business

  • Memiliki akun instagram
  • Pisahkan akun pribadi dan akun jualan
  • Jangan lupa setting akun Instagram dalam mode bisnis supaya dapat melihat insight postingan, berapa jumlah viewer, orang yang save, dan berapa orang yang kepo sama toko kita.
  • Gunakan Bio yang menarik
  • Isilah konten dengan informasi menarik yang bertujuan untuk membangun personal branding
  • Sediakan kontak informasi, hal ini sangatlag penting. Apabila ada yang tertarik bisa langsung menghubungi.

Setelah punya akun Instagram dan menggunakannya untuk mulai berjualan. Jangan lupakan hal-hal ini agar jualan kita semakin laris manis di instagram. 

  • Konten berupa informasi yang menarik & bernilai positif 
  • Konsisten posting
  • Interaksi itu penting. Interaksi yang dimaksud adalah pengguna yang memberikan like, memberikan komentar, mengunjungi profil Instagram, men-klik link website, dan lain-lain.
  • The power of hashtag (#). Penggunaan hashtag atau tagar Instagram bila digunakan dengan benar, dapat membuat postingan kita dilihat oleh lebih banyak orang

6. Ada kemauan untuk menjual

Jika kelima syarat yang sudah dijelaskan di atas terpenuhi, tetapi ternyata kita tidak memiliki kemauan untuk menjual. Misalnya karena kita takut atau malu. Maka bisnis online pun tidak akan pernah berjalan dengan baik. Kemauan untuk menjual ini erat kaitannya dengan niat awal dan alasan kita memulai bisnis. Maka coba lihat lagi 10 alasan yang telah kita buat untuk memulai bisnis, hal tersebut akan menguatkan kemauan kita untuk  menjual.  

Nah, diantara 6 syarat yang telah dijelaskan, mana yang telah terpenuhi? Jika masih bingung, kita dapat membaca beberapa literatur yang kredibel. Misalnya membaca buku “Bisnis Jalan Langit”. Jika masih belum juga puas, kita bisa memilih untuk membaca semua buku atau salah satu buku dari rekomendasi 10 buku untuk pebisinis online.

Pesan tambahan dari narasumber adalah hati-hati dengan semua postingan di media sosial. Jaga jempol agar tetap positif, bermanfaat dan menjadi amal.

“Tidak ada pebisnis yang gagal, yang ada hanyalah pebisnis yang berhenti”

Artikel ini dikembangkan oleh kontributor kelompok 4 berdasarkan rangkuman yang dibuat oleh Sofia Fikriani. Kontributor kelompok 4 sendiri terdiri dari Erni Arie S, Rena Herdiani, Wina Puspitawati, Rita Ariyana dan Saenastiti.

Sekian tips bisnis online untuk pemula dari kami. Jangan ragu untuk segera memulai bisnis onlinemu. Semoga bisnismu berjalan dengan lancar.

1 thought on “Tips Bisnis Online Untuk Pemula”

  1. Pingback: Kiat Memulai Bisnis Online ala Ibu Profesional Bandung

Leave a Comment