Memilih Makanan Yang Tepat Untuk Sahur

Saat sahur, memilih makanan yang tepat adalah hal penting supaya tubuh tetap bugar dan sehat ketika beraktivitas meskipun berpuasa selama 14 jam.
Saat sahur saatnya mengkonsumsi makanan yang tepat

Tanpa terasa dalam beberapa hari, bulan suci yang kita nantikan bersama tiba di depan mata. Bagi seorang muslim hadirnya bulan ke 9 di penanggalan Hijriyah ini menjadi salah satu momen yang paling ditunggu dengan penuh kegembiraan dan kerinduan. Ternyata selain persiapan mental, hal lainnya adalah memilih makanan yang tepat untuk sahur. Hal ini sangat penting untuk membantu tubuh tetap berenergi dan terjaga sepanjang hari, makan sahur pun disarankan untuk tidak asal dalam memilih makanannya.

Sahur pun bukan hanya sebuah kegiatan makan menjelang subuh, melainkan juga sebagi salah satu sunnah puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah. Mengenai waktu yang tepat untuk sahur, Nabi Muhammad menganjurkan untuk mengakhirkan waktu sahur. Anjurannya tersebut tertulis dalam hadits, “Umatku berada dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur,” (HR Ahmad)

Pengertian Puasa

Puasa atau shiyam menurut bahasa artinya menahan diri dari sesuatu, sedangkan menurut istilah adalah menahan diri dari makan, minum dan segala yang membatalkan puasa dari sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat karena Allah.  Seperti kita ketahui bahwa berpuasa adalah kewajiban bagi setiap muslim di belahan bumi manapun dia berada. Segala aktivitas yang dilakukan insya Allah akan bernilai ibadah jika dilakukan sesuai dengan niat dan semata mata untuk meraih keridhoanNya.

Agar ketika berpuasa aktivitas yang dilakukan tidak terganggu oleh rasa lapar, haus dan keletihan berlebih maka perlu memperhatikan saat memilih makanan dan juga menjaga pola makan yang tepat. Sebab, apa yang dimakan berpengaruh pada kondisi dan stabilitas tubuh kita dalam menjalani ibadah puasa.  

Saat sahur misalnya, konsumsilah makanan dan minuman yang kaya akan karbohidrat, vitamin, serat, mineral dan protein yang baik, agar menjadi bagian dari asupan energi sehingga tubuh tetap sehat dan dapat berpuasa serta menjalani aktivitas seperti biasa. 

Dilansir dari seorang pakar diet di Dubai, Randa Fahd mengatakan semakin beragam makanan, semakin banyak pula nutrisi yang masuk ke tubuh.

Memilih makanan yang tepat untuk sahur diantaranya, yaitu :

1. Jangan Makan berlebihan dan Tidak Terkontrol

Makan berlebihan boleh jadi akan memberikan kepuasan tersendiri. Namun respon tubuh tidak demikian, makan terlalu banyak justru bisa memunculkan masalah kesehatan. Lebih jauh lagi dalam Islam, berlebih-lebihan dalam segala sesuatu adalah tercela dan dilarang. Apalagi dalam masalah makanan dan minuman. 

2. Jangan Makan Gorengan Terlalu Banyak

Gorengan biasanya merupakan salah satu jenis makanan yang paling dicari saat menjelang waktu berbuka puasa. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat enjoy siapapun yang memakannya. Namun, di balik kenikmatan tersebut harus diingat bawah konsumsi makanan ini tidak memberikan asupan gizi yang cukup. Bahkan, bisa menimbulkan penyakit di dalam tubuh.

Jika pun ingin makan gorengan maka harus diawali dulu dengan makanan pengganti energi yang sudah habis selama puasa seperti, kurma. Makanan yang manis di saat sahur sebaiknya dihindari untuk mencegah kerja insulin yang lebih.

Makanan manis sangat menggoda kerja insulin jadi lebih cepat. Namun berbeda ketika berbuka, justru sangat bagus untuk memulainya Berbuka dengan makanan berkabohidrat sederhana seperti kurma akan membantu cairan tubuh dan kadar gula darah normal lagi.

3. Makan Makanan yang Berserat Seperti Sayur dan Buah

Makan buah dan sayur penting karena mengandung serat tapi juga vitamin, kalsium dan mineral yang diperlukan tubuh, agar pada saat puasa tidak ada masalah dengan kondisi pencernaan dan energi pun tetap terjaga. Beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk makan sahur adalah semangka, melon, jeruk, dan pisang. Sementara sayuran disarankan ketimun, sawi, bayam dan seledri yang memiliki banyak kandungan air. Namun perlu diingat, jangan konsumsi buah dengan rasa terlalu asam, apalagi perut masih dalam keadaan kosong. 

vegetables, fruits, food
Buah yang banyak mengadung air adalah makanan tepat saat sahur

4. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih 2-3 gelas penting dilakukan ketika sahur, minum air yang banyak akan menjaga keseimbangan tubuh di saat asupan makanan terhenti. Sebab, salah satu zat penyusun tubuh yang terbanyak dalam tubuh kita adalah air. Air putih berguna untuk menjaga hidrasi tubuh, sehingga tidak mudah merasa haus atau dehidrasi di tengah aktivitas berpuasa. Dehidrasi bisa mengganggu kelancaran berpuasa, karena membuat seseorang mengalami sakit kepala, lemas, kulit pucat, bibir dan kulit kering, antung berdebar, frekuensi buang air kecil berkurang, hingga hilang kesadaran.

Agar mudah mengingat asupan minum yang standar pada saat puasa ingat konsep 2-4-2. Minum paling tidak 2 gelas air pada saat sahur, lalu 4 gelas air pada saat berbuka dan makan, lalu 2 gelas air lagi sebelum tidur. Dengan konsep ini membuat tubuh tetap bisa menjalankan puasa dan terhindar dari dehidrasi.

water, glass, water bottle
Saat sahur minum air yang banyak

Pilih Makanan Yang Tepat

Setelah sahur, tubuh tidak mendapat asupan nutrisi apapun selama kurang lebih 14 jam. Perut akan terisi saat berbuka. Sehingga penting untuk menyantap makanan yang lambat dicerna tubuh atau makanan yang mampu membuat perut terasa kenyang sepanjang hari.

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, menjadi hal penting untuk memilih makanan yang tepat untuk sahur dan tidak asal asalan. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung mineral, vitamin agar kondisi tubuh tetap stabil dan terhindar dari kemungkinan sakit.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui ketika makan sahur, hal lainnya yang perlu dilakukan agar tubuh tetap bugar dan sehat adalah melakukan olahraga ringan. Semoga puasa kita berjalan lancar, so terus bersemangat saat melakukan aktivitas hingga sampai pada waktunya berbuka ya. 

Selamat berpuasa, dengan tetap memperhatikan makanan tepat untuk sahur. (Erni Arie Susanti)