5 Info Shaum ramadhan untuk anak

Shaum Ramadhan.

dates, medjool, fruit

Lima info tentang shaum di bulan Ramadhan adalah sebagai berikut

1. Apakah di dalam Al Qur’an ada perintah untuk melakukan ibadah shaum?

Dalam surat Al- Baqarah ayat 183,Allah SWT berfirman : ‘ Wahai orang orang yang beriman,diwajibkan kepada kamu untuk berpuasa,sebagaimana diwajibkan kepada umat-umat sebelum kamu.’

2. Mengapa shaum pada bulan Ramadhan hukumnya wajib?

Sebab,Allah telah mewajibkannya di dalam surat Al -Baqarahh ayat 184, Allah berfirman : ‘ Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulab Ramadhan,bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu,barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu,maka hendaklah dia shaum pada bulan itu,dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu dia berbuka),maka ( wajiblah baginya shaum),sebanyak hati yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.Allah menghendaki kemudahan bagimu,dan tidak menghendaki kesuķaran bagimu.Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu,supaya kamu bersyukur.’

3. Apa saja keutamaan bulan Ramadhan itu?

Beberapa keutamaan bulan Ramadhan di antaranya :
a. Bulan Ramadhan merupakan bulan pertama kali diturunkannya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia.
b. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah karena pada bulan itu Allah akan memberikan perlindungan kepada hamba-hamba-Nya,menghapuskan kesalaham-kesalahannya,dan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan hamba-hamba-Nya.
c. Ada satu malam kemuliaan pada bulan Ramadhan yaitu lailatul qadar. Pada malam itu,Allah akan memberikan pahala kepada hamba-hamba-Nya yang beribadah kepadanya dengan pahala yang nilainua lebih baik dari seribu bulan (83 tahun).

4. Kapankah terjadinya malam lailatul qadar itu?

Nabi muhammad SAW ,bersabda : carilah lailatul qadar itu pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan yang ganjil,yaitu pada malam kedua puluh satu atau pada malam kedua puluh tiga atau pada malam kedua puluh lima atau pada malam kedua puluh tujuh atau pada malam kedua puluh sembilan. Barangsiapa bangun pada tengah malam untuk shalat karena iman dan mengharap pahala bertepatan dengan malam lailatul qadar,niscaya diampuni dosa-dosanya yang lalu dan yang akam datang. (HR Thabrani).

5. Ibadah-ibadah apa saja yang dapat kita lakukan untuk menambah pahala di bulan ramadhan ?

Selama menjalankan ibadah shaum pada bulan Ramadhan,hendaklah kita meningkatkan ibadah dengan memperbanyak amal-amal shaleh seperti membaca Al -Qur’an,  bersedekah,mempererat silaturahmi,mengerjakan shalat sunnah,mengasihi anak yatim,menjaga lidah untuk tidak mengucapkan yang tidak baik, dan lain -lain.

#(Sumber dari  buku101 info tentang shaum untuk anak.)

Leave a Comment