rumba sabilulungan, angklung

Jumat Nyunda, Ngobrol Santai Berbahasa Sunda- Rumba Sabilulungan

Penulis: Neneng Maesaroh, Member Rumba Sabilulungan IP Bandung

Rumba Sabilulungan adalah Rumah Berbagi (Rumba) untuk member Ibu Profesional Bandung yang berdomisili di Bandung Selatan. Seperti namanya, melalui Rumba ini diharapkan setiap anggota dapat bergotong-royong, saling berbagi ilmu, merangkul, dan membantu satu sama lain agar terbangun jiwa kekeluargaan di antara anggota. Fokus utama Rumba ini adalah berbagi pada masyarakat luas untuk memberi dampak pada lingkungan.

Rumba Sabilulungan berdiri di Bandung Selatan yang didominasi oleh urang sunda (masyarakat berkebudayaan Sunda). Penguatan karakter sunda otomatis menjadi salah satu fokus program Rumba ini melalui Program Jumat Nyunda. Program ini dilaksanakan untuk melestarikan bahasa sunda agar tetap menjadi bahasa ibu khususnya bagi anggota yang berasal dari keluarga yang jarang mempraktikannya.

Kegiatan Jumat Nyunda adalah ngobrol santai online antar member, dilakukan di WhatsApp Group (WAG) menggunakan bahasa sunda. Setiap anggota bebas mengutarakan isi pikiran, berbagi, atau bercerita apapun yang mereka inginkan.

Kegiatan Jumat Nyunda ini ternyata mendapat respons yang baik dari anggota. Uniknya walaupun asli sunda, masih banyak member yang bingung memilih kata sehingga bahasa tulisan mereka menjadi kaku. Mungkin ini disebabkan oleh jarangnya penggunaan Bahasa sunda yang sesungguhnya kaya kosakata.

Bagaimana untuk anggota yang bukan orang sunda? Tidak perlu risau kalau tidak mengerti. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari dan jika tidak paham, arti kata dapat langsung ditanyakan.

Semoga Jumat Nyunda di Rumba Sabilulungan membawa dampak positif untuk para member dan lingkungan sekitar. Terutama penggunaan bahasa sunda sebagai bahasa ibu berhasil dilestarikan oleh para ibu dan calon ibu di Ibu Profesional.

Salam Hangat

Tim Rumba Sabilulungan.

Leave a Comment