Food Preparation untuk Ramadhan

Pernahkah kita bingung menu ramadhan apa yang akan kita siapkan saat sahur dan buka? merasa bosan menunya itu-itu saja? Atau malah merasa tidak cukup waktu untuk mengolah maupun belanja?  Hal ini bisa kita atasi dengan melakukan Food Preparation.

Ada bunda-bunda yang lain juga pernah melakukan food preparation. Kalau yang belum dan akan menghadapi nanti, mungkin sedikit prinsip utama food preparation di bawah ini bisa membantu.

Prinsip Pertama :  Cari Jenis Bahan yang dapat diolah variatif dan disimpan tahan lama

Ada beberapa bahan yang dapat diolah dengan berbagai variasi dan disimpan dalam waktu yang lama, misalnya daging ayam. Satu ekor daging ayam dapat diolah menjadi berbagai menu sesuai bagian-bagian dagingnya.

Apa saja menu ramadhan dari daging ayam ini? Fillet pahanya dapat dibuat siomay keriting dan krispi. Bagian dadanya dapat diolah menjadi baso dan krispi. Hal yang mempermudah adalah kita bisa membuat bumbu yang sama untuk berbagai olahan ini.

Bagi yang belum punya alat tempurnya seperti grinder atau blender, ayam ungkep dan marinasi fillet bisa jadi pilihan menu yang menarik untuk anak kita. Salah satu menu paling mudah adalah memarinasi fillet daging.

Cara memarinasi fillet daging untuk dikrispi atau di bakar adalah :

  1. Iris fillet daging ikan/daging ayam/daging sapi. Daging sapi harus diiris setipis mungkin.
  2. Siapkan bumbu marinasi terdiri dari air jeruk, bawang putih bubuk, merica, garam, penyedap jika mau,  tambahkan madu jika ingin tambah sedap.
  3. Masukkan irisan daging bersama dengan bumbu.
  4. Aduk atau remas dengan rata sampai semua irisan terkena bumbu.
  5. Diamkan minimal satu jam sebelum diolah.
  6. Jika tidak akan diolah langsung, simpan di dalam lemari pendingin selama satu  malam, lalu masukkan ke dalam freezer.
  7. Jika akan dimasak, pindahkan  marinasi fillt dari freezer ke lemari pendingin malam sebelumnya.
  8. Fillet krispi : balur fillet dalam tepung lalu goreng.
  9. Fillet bakar : panaskan sedikit margarin lalu masukkan fillet, masak hingga daging matang.

Menyiapkan Bahan Sayuran

Bagaimana dengan sayuran? Mungkin beberapa anak kita ada yang masih kurang menyukai sayuran. Nah triknya adalah sayuran dalam diolah menjadi menu yang sama dengan bahan daging. Selain itu, dapat langsung dimasukan ke dalam adonan makanan.

Sayuran yang dapat diolah bersama dengan olahan daging misalnya wortel, labu siam, sawi putih, atau brokoli. Kemudian Sayuran tersebut diiris tipis-tipis, di parut, atau dicincang sehingga tidak kasat mata terlihat oleh anak.

Cara Menyimpan Makanan atau Olahan dengan Benar
CARA MENYIMPAN BAHAN
https://www.grid.id/read/04204255/inilah-cara-benar-membuat-food-preparation-agar-bahan-makanan-tak-cepat-busuk?page=all

Olahan ini kita dapat buat untuk beberapa kali di makan. Misalnya kita siapkan untuk 3-4 kali makan. Olahan daging ini disimpan di dalam lemari pendingin atau freezer. Saat kita akan memakannya, kita cukup menghangatkannya dengan dikukus, digoreng, atau direbus saja.

Menyiapkan menu ramadhan paling mudah dengan bahan sayur adalah siapkan saat kita senggang. Siapkan untuk beberapa kali masak. Misalnya : membeli wortel, bersihkan kulitnya, lalu simpan sayuran dalam  wadah tertutup yang dilapisi kertas. Setelah itu, simpan dalam lemari pendingin. Saat mau diolah, kita tinggal memotongnya sesuai keinginan, misalnya tumis wortel fillet.

Prinsip Kedua : Siapkan bahan olahan darurat

Apa olahan darurat? Kalau di atas, kita berbicara dengan olahan yang dapat disimpan lalu dihangatkan dalam waktu singkat. Sekarang, kita berbicara bahan utama yang dapat diolah mendadak seperti 4T. Empat T adalah Telor, Tahu, Tempe, dan Tongkol.

Empat bahan utama ini sangat mudah diolah. Bisa di rebus atau digoreng. Waah ini menu biasa aja. Eitss tunggu dulu, menu darurat ini bisa menjadi sangat luar biasa jika kita menyiapkan satu bumbu darurat juga yaitu bumbu kecap.

Bumbu kecap ini bukan hanya kecap. Sediakan kecap manis, bawang merah, lalu tomat sertakan juga garam ya. Jika ingin pedas, boleh kita menggunakan cabai juga.

Olahan Sederhana untuk Food Preparation
Olahan sederhana dengan bumbu kecap

Cara membuat bumbu kecap yaitu :

  • Tumis bawang merah hingga harum
  • Masukkan tomat, masukkan kecap, masukkan garam, dan masukkan salah satu bahan 4T.
  • Setelah tomat agak layu bisa tambahkan air. Tambhkan
  • Tunggu sampai mendidih dan air meresap ke dalam bahan utama yang sudah digoreng terlebih dahulu.
  • Saat dirasa bumbu sudah meresap, matikan api dan menu dadakan siap dihidangkan.

Bumbu kecap juga bisa dibuat mentah, caraya adalah :

  • Iris tipis bawang merah
  • Potong dadu tomat
  • Siapkan irisan jahe
  • Kecap secukupnya
  • Irisan cabai jika perlu
  • Campur ke semua bahan dan siap menjadi cocolan yang yummy untuk 4T yang digoreng ini,

Apalagi lagi olahan darurat? Siapkankan tepung bakwan siap saji. Bisa beli instan atau kita membuat sendiri. Kalau membuat sendiri, cukup campurkan tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 5 : 1. Setelah itu, tambahkan garam, merica, bubuk bawang putih, dan penyedap jika mau.

Tepung disimpan dalam wadah plastik yang kedap udara. Ketika akan mengolahnya, cukup campur dengan air dan isian. Isiannya dapat bermacam-macam, misalnya isian wortel-kol, jagung pipil, atau bayam.

Prinsip ketiga : Menyusun menu untuk food preparation selama ramadhan

Salah satu hal yang membantu kita dalam melakukan food preparation adalah menyusun menu selama satu minggu atau malah untuk satu bulan. Kalau kesulitan satu bulan, cukup buat untuk satu minggu saja dulu.

Tipsnya dalam menyusun menu adalah mengganti bahan utama yang digunakan tetapi bumbu olahannya dapat sama. Kita juga bisa mengganti bahan utama tetap tapi olahannya sama. Nah, mari kita coba buat kombinasi yang berbeda dengan bahan olahan yang sama.

Bahan Food Preparation
Aneka Bahan Olahan untuk Food Preparation

Mari kita bisa membuat contoh tabel menu terlebih dahulu.

 SeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
SahurSayur sop Baso sapiFillet Ikan krispiSiomay keriting ayam kuah sawi hijauFillet ayam bakar dengan bumbu asam manisBaso ikan kuah bawang daunUdang asam manis dan tumis bayamFillet ikan bakar dan tumis kangkung
TajilMinuman Sari kurmaMinuman MaduJus buahAgar atau pudingMinuman buah campurMinuman gula merah kolang kalingMinuman sari kelapa/nata de coco
Buka puasaAyam krispi dan capcayFillet daging sapi  bakar dan tumis buncisJamur krispi dan tumis fillet ikan dengan wortelUdang krispi dan tumis sawi putihTumis jamur dan baso ayamFillet ayam bakar dan tumis sawi putih wortelSiomay keriting ikan dengan saus asam manis
Daftar Menu untuk Satu Minggu

Selain menu di atas, kita bisa mencari ide menu di internet. Misalnya www.dapurkobe.co.id/menu-ramadhan-sahur-buka-puasa. Artikel ini menyediakan menu selama 30 hari ramadhan lho! Ada juga dari akun instagram @dhilasina yang meneydiakan olahan secara mudah dan praktis tetapi bervariasi.

 Prinsip Utama : Buat Strong Why kita melakukan food preparation

Prinsip utama Food Preparation

Ini adalah pondasi awal setiap kegiatan ibu profesional ketika memulai sesuatu. Jadi, saat kita mulai menyiapkan diri untuk melakukan food prepearation, kitaperlu strong why yang kuat.

Mengapa perlu strong why? Ketika kita mulai kendor, tidak apa-apa kita berhenti sejenak. kita bisa membeli makaandari luar. Tetapi setelah itu kembali kepada menyiapakan menu terbaik cepat mudah versi kita.

Pernah tahu peribahasa “cikaracak cai ninggang batu, laun-laun jadi legok” Apa coba arti peribahasa ini? hehehe. Artinya air yang jatuh perlahan-lahan ke batu tetapi karena dilakukan terus menerus akhirnya si batu juga berlubang.

Jadi, makna peribahasa ini adalah pelan-pelan usaha kita pasti membuahkan hasil selama dilakukan dengan konsisten. Awalnya kita tidak terbiasa. Tetapi, setelah melakukan berkali-kali atau kosnsisten, kita akan mulai terampil mengolah menu dengan cepat dan mudah.

Yuks semangat menyiapkan menu ramadhan versi terbaik kita!

Oh ya, boleh juga lihat artikel lainnya yang berkaitan dengan fod preparation ini. misalnya https://ibuprofesionalbdg.com/2021/04/02/memilih-makanan-yang-tepat-untuk-sahur/ dan https://ibuprofesionalbdg.com/2021/04/03/5-tips-menyiapkan-sahur-praktis-dan-cepat/

Selamat mencoba!

(Sii Latifah, S.T.P.)

Leave a Comment