Kiat Memulai Bisnis Online ala Ibu Profesional Bandung

Melihat fenomena menjamurnya bisnis online saat ini, Komunitas Ibu Profesional Bandung di Bumi Kabungan 5 mengadakan kuliah WhatsApp (kulwap) dengan  narasumber Resti Hardiyanti.

Definisi Bisnis

Kondisi pandemi saat ini yang serba dibatasi, membuat orang mencari alternatif lain untuk menambah pemasukan keluarga dengan bisnis online. Terlebih lagi banyak masyarakat yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat banyaknya perusahaan yang bangkrut.

Masyarakat sekarang dipermudah dengan tersedianya berbagai platform online untuk berjualan.

Ada marketplace dan media sosial khusus untuk berjualan online. Hal tersebut sangat mendukung lingkungan bisnis online yang baik, di mana jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan internet sangat banyak. Dengan jumlah pengguna internet yang banyak, maka pasarnya pun terbuka lebar. Dengan begitu, masyarakat kini tidak hanya terpaku mengandalkan toko atau warung untuk berjualan atau bisnis offline.

Definisi Bisnis

Sebelum kita mempelajari seluk-beluk bisnis online, ada baiknya kita memahami apa itu bisnis.

  1. Bisnis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang.
  2. Menurut Wikipedia, bisnis adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba.
  3. Menurut Ekonomi, bisnis adalah kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk memperoleh laba.

Bsnis online sendiri adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan baik menjual produk ataupun jasa dimana bisnis ini menggunakan internet sebagai wadahnya (KBBI). Oleh karena itu, bisnis online membutuhkan fasilitas pendukung seperti internet dan perangkat teknologi (smartphone/PC/tablet). 

Mengapa bisnis online

Bisnis online memudahkan kita mengelola penjualan dan pemasaran. Contohnya, Kita tidak perlu memajang barang secara fisik, cukup menyediakan katalog atau daftar barang serta deskripsi singkat mengenai masing-masing barang tersebut. Lalu kita dapat menjual barang secara online dengan menggunakan website sendiri atau sistem manajemen situs yang menyediakan sistem pengelolaan barang dan pergudangan. Kita dapat dengan mudah melihat stok barang. Kita juga dapat menjual barang berdasarkan pesanan. Hal ini akan mempermudah kita mengelola barang dagangan

Bisnis Online menghemat biaya dan tenaga. Misalnya dalam melakukan riset pasar. Melalui situs online, kita dapat melakukan riset pasar mengenai produk-produk yang banyak diminati misalnya dengan melihat kata kunci yang mereka cari di situs anda. Hal ini akan membantu kita. merencanakan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu, Biaya pemasaran di internet relatif sangat murah. Pemasaran dapat dilakukan dengan memajang produk di website sendiri atau di website pihak lain melalui agen pemasaran online. Kita bahkan bisa memanfaatkan website atau blog secara gratis di situs-situs tertentu.

Semua kalangan dapat menjalankan bisnis online, baik tua maupun  muda. Kemudahan memilih target pasar, banyaknya situs yang menawarkan pasar online memudahkan kita produk kepada komunitas tertentu melalui forum atau atau media sosial. Kita juga dapat memasang iklan secara gratis atau berbayar dengan kata kunci tertentu. Hal ini membantu kita memilih target pasar yang potensial.

Bisnis online tidak membatasi ruang dan waktu. Internet tersedia untuk diakses setiap saat. Pelanggan dapat mengunjungi situs tempat kita memasarkan produk.  Hal ini memungkinkan bagi seorang ibu rumah tangga pun dapat ikut berjualan tanpa terpatok jam kerja.

Darimana sajakah sumber pendapatan bisnis online?

Pada sebuah artikel dijelaskan tentang lima jenis sumber pendapatan yang didapatkan dari bisnis online yaitu :

  1. Sumber pendapatan dari menjual barang. Sumber pertama dalam bisnis online adalah menjual barang. Yup tentu kamu pernah kan membeli baju dari toko online atau social media Instagram? Sebenarnya ada 2 jenis sumber pendapatan dari menjual barang. Ada toko online yang menjual barang produksinya sendiri (LP 1 merk) dan ada juga toko online yang menjual barang miliki orang lain (marketplace).
  2. Sumber pendapatan dari menjual jasa. Serupa tetapi tidak sama, dengan di atas. Ada juga bisnis online yang menawarkan jasa (layanan) online, seperti agen wisata dan perjalanan (travel agent), biro jodoh (mak comblang online), jasa freelance online dan lainnya. Website yang menjual jasa (layanan) online ini ada dua jenis yaitu layanan milik sendiri atau layanan orang lain (marketplace).
  3. Sumber pendapatan dari iklan. Jika kamu tentu pernah mengunjungi website portal berita, seperti Detik.com, Liputan6.com dan yang lainnya. Salah satu ciri khas portal berita adalah banyaknya iklan di atas, bawah, kiri, kanan, pop up dan lainnya. Nah jangan heran jika banyak iklan yang terdapat di website-website portal berita, karena iklan adalah sumber pendapatan mereka.
  4. Sumber pendapatan dari endors. ejenis dengan iklan, tetapi ada bedanya. Kata-kata Endorsed biasanya digunakan oleh pemilik akun-akun media sosial dengan jumlah follower yang banyak. Akun-akun dengan jumlah follower yang banyak, biasanya akan mendapat tawaran untuk meng-endorsed produk-produk. Misal celebgram (celebrity di Instagram) diminta posting foto dirinya dengan produk. Atau akun-akun Instagram dibidang makanan, diminta untuk memberikan review mengenai makanan.
  5. Sumber pendapatan dari affilliate. Pernahkah kamu mengunjungi sebuah website atau blog, yang memberikan review produk. Setelah itu kamu diarahkan untuk membeli produk itu dari website penjualnya? Di Indonesia ada sebuah website bernama Priceza.com yang menawarkan produk-produk dari berbagai macam toko onlineApa keuntungan Priceza.com? Salah satunya mereka akan mendapat fee dari produk-produk yang terjual melalui website Priceza.com. Bagaimana, enak bukan?
  6. Sumber pendapatan dari data lainnya. Terdapat bisnis-bisnis online yang menjual data. Pernahkah kamu terbayang mengapa Google bisa memberikan fasilitas mesin pencari gratis kepada kita? Google dapat mengetahui data-data pribadi kita (melalui akun Google+ atau GMAIL) serta perilaku kita saat menggunakan internetGoogle juga dapat mengetahui lokasi yang sering kita datangi dengan menggunakan Google Map. Data-data yang dimiliki Google, dijual bersama iklan dalam fitur Google Adwords.. Sumber.

Syarat utama atau rukun bisnis online

kita bisa sebut syarat utama karena tanpa syarat ini, bisnis online kita akan tidak bergerak kemana-mana atau malah mundur berbisnis. Jadi apa saja syarat utama kita memulai bisnis online? Yuks simak di bawah ini.

  1. Ada calon pembeli. Layaknya jual beli konvensional, bisnis online juga memerlukan adanya penjual dan pembeli. Kita sebagai penjual dan ada target calon pembeli yang kita sasar.
  2. Ada produk yang dijual. Produk di sini dapat berupa barang maupun jasa. Barang pun dapat berupa kita menjadi resellernya atau hanya dropshipper.
  3. Ada Koneksi internet. Kita berada di zaman revolusi 4.0 yang mana dalam dunia industri segala hal kegiatan, prses, maupun komunikasi tidak terlepas dari IoT atau Internet f things. Jadi, internet menjadi kebutuhan setiap transaksi dan pemasaran terjadi ketika internet kita aktif.
  4. Ada Platform yang akan digunakan. Berkembang dunia IoT, berkembang juga kreativitas penyedia jasa usaha bisnis online termasuk platformm bisnis. Platform yang bisa kita gunakan seperti whatss app, iinstagram, facebook, maupun maket place yang sudah menjamur seperti tokopedia, bukapalak, shppee, dan lainnya.
  5. Ada Kemauan untuk menjual. Syarat 1 sampai 4 merupakan syarat yang akan terjadi jika ada kemauan. Bukan perkara tidak bisa tetapi perkara ada kemauan untuk memulai, mempertahankan, meningkatkan sehingga selama proses menjalani bisnis ini kita siap menghadapi tantangan apapun. Siap untuk belajar dan berusaha.

Macam-macam Platform Bisnis Online

Sosial media WhatsApp dan instagram
Media ssosial WhatsApp dan instagram. Sumber pixabay

Ada berbagai macam platform bisnis online yang bisa digunakan. Ada website, marketplace, social media, YouTube, dan Tiktok. Untuk memulai, pilihlah platform bisnis online yang sudah terbiasa digunakan sehari-hari.

Beberapa fitur di social media juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis online seperti WhatsApp for Business dan Instagram for Business. WhatsApp dan Instagram adalah dua platform yang sering digunakan dalam bisnis online.

Ini beberapa tips untuk masing-masing platform untuk digunakan pada bisnis online.

Bila kita menggunakan WhatsApp untuk berbisnis online, ada baiknya untuk:

  1. Memanfaatkan fitur status untuk berjualan, tetapi jangan berlebihan.
  2. Jangan terus-terusan berjualan, sampai lupa memberi kabar sehari-hari.
  3. Rajin-rajin menyimpan kontak.
  4. Lebih baik menghindari spam di grup maupun chat pribadi
  5. Sering-sering interaksi, reply status teman, silaturahmi bangun hubungan, bukan langsung menjual produk (hard selling)

Bila kita menggunakan Instagram, ada baiknya untuk:

  1. Memiliki akun Instagram.
  2. Memisahkan akun pribadi dan akun jualan.
  3. Mengaktifkan Instagram dalam mode bisnis agar kita bisa melihat insight.Dari insight kita bisa melihat berapa banyak orang yang melihat postingan, yang menyimpan, dan melihat toko kita).
  4. Isi bio semenarik mungkin.
  5. Konten menarik untuk membangun personal branding.vt
  6. Jangan lupa untuk menyimpan kontak bila ada calon pembeli kita yang ingin mengetahui informasi produk kita lebih lanjut.

Kunci Sukses Jualan di Instagram

Kunci Sukses bisnis online di instagram
Kunci Sukses bisnis online di Instagram. Sumber pixabay

Saat ini, Instagram merupakan platform media sosial yang banyak digunakan orang, terutama dengan tampilan visualnya.

Oleh karena itu, bila kita ingin berjualan online di Instagram, kita harus menampilkan produk beserta benefit yang ditawarkan secara menarik.

Tidak hanya foto produk yang menarik, kita juga perlu untuk mengatur postingan agar selaras dan rapi.

Supaya calon pembeli kita tidak kebingungan dalam memilih dan mempertimbangkan produk. Bila bingung, kita bisa menggunakan platform tambahan untuk menjadwal postingan kita di Instagram.

  1. Konten menarik dan positifMembuat konten semenarik mungkin agar bisa dilirik oleh calon pembeli. Bila kita tidak jago dalam hal design kita bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Canva atau bila memadai bisa menyewa jasa fotografer. Konten yang positif itu penting karena akan membentuk brand image yang positif. Konten yang positif juga bisa dishare, artinya akan semakin banyak jangkauan postingan kita. Tidak hanya di Instagram.
  2. Konsisten posting. Mungkin ini adalah tantangan pebisnis di era digital. Kita hanya mau meraih keuntungan dalam waktu sesingkat-singkatnya. alam bisnis kita perlu berproses dan disiplin dalam eksekusi rencana.Dalam media sosial mengapa konsisten ini penting karena kompetitor kita tidak hanya 1 atau 2 orang tapi dari banyak orang. Jadi, tidak hanya kita saja yang memakai Instagram untuk berjualan online. Oleh karena itu, kita harus disiplin dan konsisten dalam bisnis online. Bila kita kesulitan untuk konsisten, kita bisa atur prioritas kita dan memetakan peran kita. Bisa itu peran dalam keluarga, dalam pekerjaan, dan lain sebagainya.
  3. Interaksi. Sesuai dengan fungsinya, media sosial berfungsi sebagai wadah untuk berinteraksi. Oleh karena itu, kita juga jangan sampai terlupa untuk menyapa pelanggan dan calon pembeli kita. Jita bisa memanfaatkan berbagai fitur di Instagram untuk bisa lebih dekat dengan pelanggan dan calon pembeli kita. Bisa itu dengan like postingan, mengadakan live Instagram, atau bisa membuat postingan sapaan (menanyakan kabar, kuis berhadiah, dan lain-lain). Jangan sampai media sosial hanya digunakan untuk berjualan saja karena calon pembeli kita adalah manusia juga sama seperti kita. Fakta menunjukkan bahwa manusia tidak suka ditawarkan barang jualan secara terus-menerus. Oleh karena itu, segera bangun interaksi dengan pelanggan dan calon pembeli Anda.
  4. The Power of Hashtag. Media sosial selain sebagai wadah untuk berinteraksi, bisa juga berfungsi ibarat seperti mesin pencari (Google). Bila calon pembeli kita ingin mencari produk maka calon pembeli akan mengetikkan kata khusus di kolom search Instagram. Misalnya, kita ingin membeli kosmetik. Maka calon pembeli kita akan mengetik kosmetik dengan brand tertentu. Oleh karena itu, penting sekali untuk mencantumkan hashtag (#) di deskripsi produk yang kita tampilkan  agar mudah dicari oleh calon pembeli.

Untuk menambah wawasan terkait bisnis online bisa juga baca artikel-artikel lain di Web ini. Tips bisnis online untuk pemula.

Leave a Comment