project passion, shoes, feet, selfie

Habit To Nation: Latih Kebiasaan Baik Melalui Project Passion

Perkuliahan Bunda Produktif memang tak seperti jenjang perkuliahan lainnya di Institut Ibu Profesional. Bunda Produktif hadir dengan konsep sebuah kota virtual, Hexagon City. Kota virtual ini memiliki slogan Kota Produktif, Warga Kreatif, Penuh Solusi. Selama 6 bulan, para mahasiswa Bunda Produktif yang kemudian lebih familiar dengan sebutan “Hexagonia” mendapat materi dari Founding Mother. Semua materi dipraktekkan oleh hexagonia dalam grup yang diberi nama co-housing. Semua co-housing di Hexagon City memiliki sebuah project passion.

Proyek passion dilandasi passion dari setiap anggota co housing. Kami membuat roadmap project passion. Roadmap ini berguna menentukan milestone dan habit apa saja yang diperlukan dalam tim.

Lalu apa itu habit? Dalam buku Atomic Habit, penulis menjelaskan habit adalah rutinitas atau kebiasaan yang dilakukan secara berulang dan biasanya otomatis. Dalam buku tersebut juga dijelaskan bagaimana dampak besar dari sebuah habit kecil, kurang lebih sebagai berikut :

The Power of Tiny Gains dari Atomic Habits

Founding mother menjabarkan makna dari gambar diatas. Kalau Bunda menjadi orang yang baik 1% tiap hari maka di akhir tahun Bunda akan menjadi pribadi yang 37 kali lebih baik dari sebelumnya.  Tetapi, jika Bunda makin buruk 1% tiap hari maka di akhir tahun penurunan tingkah laku hanya mendekati nol, tidak berpengaruh apa-apa.

Contohnya, jika Bunda terbiasa menjadi orang yang menunda sesuatu. Kalau menunda sekali, mungkin masih ada sisa hari untuk menyelesaikan kerjaan sebelum deadline. Hal ini memang tidak terlalu berpengaruh ke lingkungan, tapi jika dilakukan berulang-ulang akan menjadi kebiasaan yang toxic bagi hidup Bunda. Kebiasaan ini akan berdampak kepada moral kerja dan kesenangan rekan kerja pada diri sendiri.

Kembali ke project passion, jika Bunda ingin berjalan cepat, maka Bunda dapat berjalan sendiri. Namun jika Bunda ingin project passion ini berjalan jauh dan banyak memberikan manfaat maka tentu Bunda harus berjalan bergandengan tangan. Maka setiap anggota co-housing harus memilih habit baik apa yang akan mereka latihkan. Hexagonia bebas memilih pendekatan identity-based habit atau outcome-based habit yang sesuai dengan dirinya. Yang terpenting setiap anggota melatih habit baik yang mengarah pada tujuan yang sama.

Rasulullah SAW bersabda laksanakanlah oleh kalian amalan semampu kalian, sesungguhnya sebaik-baik amalan adalah yang dikerjakan terus-menerus (menjadi kebiasaan) meskipun sedikit. (HR Ibnu Majah)

Salam Produktif!

Ita Utami Aidid

(Sudah lulus) Mahasiswa Bunda Produktif Batch 1 😊

Leave a Comment