Makanan Sahur Praktis di Bulan Ramadhan

Menyiapkan makanan sahur adalah rutinitas yang biasa Bunda lakukan saat bulan Ramadhan agar Bunda dan keluarga bisa kuat seharian menahan lapar dan dahaga. Pernah tidak Bunda bangun kesiangan untuk menyiapkan makan sahur, atau bingung mau sahur dengan apa?

jangan sampai kita dan keluarga jadi tidak bersahur hanya karena kita terlambat bangun untuk bersiap siap. Meskipun sahur itu hukumnya sunah, tapi tanpa bersahur selain badan lebih lemas kita bisa kehilangan barokahnya sahur loh. Bun. Jadi usahakan walau kita terlambat bangun kita tidak melewatkannya ya Bunda…

makanan berikut ini wajib banget bunda stok di bulan Ramadhan sebagai makanan darurat saat kita terlambat bangun untuk mempersiapkan makan sahur, praktis dan tetap sehat.

1. Makanan Kering Pendamping Nasi

makanan untuk makan sahur

Makanan kering siap makan buka keripik ya bun, makanan di sini adalah olahan pendamping nasi, yang bisa langsung kita konsumsi tanpa harus memasaknya atau menghangatkannya terlebih dahulu. Jenis makanan tersebut diantaranya adalah Abon, Kentang Kering, Tempe Kering, Dendeng Sapi, dan Gepuk kering. Bunda bisa membuatnya sendiri atau jika tidak ingin repot bunda bisa membelinya di pasar ataupun membeli secara online di marketplace. Jika ada makanan tersebut, bunda hanya tinggal menyiapkan nasi saja. makanan tersebut sangat nikmat jika dimakan dengan nasi panas.

2. Susu dan Roti

susu dan roti untuk makan sahur

Susu adalah sumber protein yang baik kita konsumsi saat sahur. Mengonsumsi susu adalah cara parktis untuk memasukan protein pada tubuh kita. Bunda bisa gunakan susu sapi, kambing atuapun kedelai. Sebaiknya mengonsumsi susu setiap hari sebagai makanan pelengkap sahur, bukan hanya saat terlambat mempersiapkan sahur ya bun. Karena segelas susu tidak bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi jika seandainya waktunya mepet, untuk mensiasatinya agar nutrisinya bertambah, bunda bisa siapkan roti atau biskuit sebagai teman minum susu atau bisa juga konsumsi susu dengan kurma.

3. Susu dan Sereal

selain susu dan roti , susu dan sereal adalah perpaduan yang baik saat kita terlambar bangun untuk mempersiapkan sahur. Menurut seorang ahli gizi dr Inge Permadhi, SpGK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan sereal merupakan menu tepat ketika waktu sahur sangat terbatas. Sebabnya, sereal mengandung kandungan gizi yang lengkap untuk kebutuhan beraktivitas sehari-hari.

4. Kurman dan Minyak

Bukan hanya saat berbuka, kurma juga sangat baik dikonsumsi saat sahur. Kandungan nutrisi yang ada pada kurma bisa membuat cadangan energi saat kita berpuasa. Bahkan dalam kajian dr Zaidul Akbar mengatakan bahwa mengosumsi buah kurma di tambah dengan mengonsumsi minyak kelapa murni  ata minyak zaitun murni sudah cukup untuk sahur dan bisa tahan lapar seharian.

5. Buah Buahan

Selain buah kurma, Buah buahan yang lainpun bisa menjadi makanan praktis yang menyehatkan saat kita sahur. Setiap orang pasti sudah mengetahui bahwa buah buahan mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Untuk pasokan energi saat berpuasa konsusmsilah buah-buahan yang kandungan karbohidratnya tinggi. Buah-buahan yang baik dan bisa dikonsumsi dengan mudah saat sahur dan memiliki kandungan karbohidrar yang tinggi selain kurma adalah pisang, apel, alpukat , strowberi dan lain sebaginya. Buah-buahan tersebut bisa dikonsumsi langsung, diolah menjadi smoothies atau dimakan bersama oatmeal instan.

Itulah Beberapa makanan darurat saat sahur yang bisa bunda siapkan di rumah. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup agar kita tidak dehidrasi saat berpuasa. Semoga puasa di bulan Ramdhan ini berjalan lancar dan berkah ya bunda…. jangan lewatkan artikel menarik lainnya seputar Ramadhan di website Ibu Profesional Bandung untuk menemani hari-hari Bunda selama Bulan Ramadhan

Leave a Comment