Manfaat Membacakan Buku Pada Anak

Manfaat Membacakan Buku pada Anak

“Buat apa sih, membacakan buku pada anak atau bayi?” Atau “Sebenarnya, membacakan buku pada bayi itu benar-benar penting tidak, ya? Apakah anak bayi mengerti apa yang diucapkan orang tua ketika sedang dibacakan buku?”

Wah, rasanya pertanyaan-pertanyaan seperti itu sudah tidak asing terdengar di telinga kita saat sedang beraktivitas membacakan buku untuk anak, terutama masih bayi. Sebal, bukan? Eistt, jangan sebal dahulu mama, mungkin yang bertanya belum tau nih manfaat membacakan buku untuk anak.

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah “iya”. Nyatanya, membacakan buku sangat bermanfaat bagi perkembangan bayi. Sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh American Academy of Pediatrics (AAP) tentang pentingnya membacakan buku untuk bayi sejak lahir.

 Nah, yuk kita simak dulu beberapa manfaat yang mama dapatkan jika membacakan buku untuk anak.

1. Berkenalan Dengan Kosakata

Dengan membacakan buku ternyata dapat membantu sang anak untuk mengenal kata, lho, mams. Dengan semakin seringnya sang anak mendengarkan, maka akan semakin meningkatnya kemampuan mengingat kosakata yang kemudian akan mendukung kemampuan berbicaranya.

2. Mengenal Konsep

Anak dapat mengenal konsep berupa huruf, warna, bentuk, angka dari buku-buku yang dibacakan.

3. Melatih Kemampuan Pancaindra

Gambar-gambar dari buku akan melatih kemampuan melihat anak agar semakin baik. Buku juga membantu melatih sensori motorik. Anak bisa melihat, mendengar, bahkan meraba-raba buku.

4. Membangun Kemampuan Kognitif

Membacakan buku bercerita dapat membangun pola berpikir anak. Imajinasi-imajinasi yang timbul dari pola pikir anak tersebut akan merangsang proses kreatifitas anak, lho, mams. Selain itu dapat membangun kemampuan menggunakan kata-kata dalam komunikasi, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan bernalarnya. Hal ini juga penting untuk bekalnya bersosialisasi saat beranjak besar.

5. Meningkatkan Bonding Orang Tua dan Anak

Saat membacakan buku untuk anak ternyata hubungan ayah ibu dan buah hati menjadi lebih dekat secara fisik maupun emosional. Tidak hanya baik untuk tumbuh kembang anak secara umum, beberapa ahli juga meyakini bahwa manfaat membaca bagi Anak dapat menumbuhkan rasa empati dan kecerdasan emosional.

Wah, ternyata cukup banyak, lho, mams manfaat membacakan buku pada anak. Yuk mams, bacakan buku untuk anak sedari dini.

Sumber : https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-membaca-untuk-buah-hati-sedari-dini

by Risti Triana Bahroen on April 2020

Leave a Comment