Hidup Sehat Mengubah Isi Piringku

Resume Kulzoom Rumbel Boga: Hidup Sehat Mengubah Isi Piringku

Pada tanggal 27 Maret 2021, Rumah Belajar Boga Ibu Profesional Bandung mengadakan kuliah zoom perdana khusus untuk member Rumbel Boga. Bertemakan “Nutrisi Keluarga, Mengangkat Hidup Sehat Mengubah Isi Piringku” dengan narasumber Siti Aliyah H.

Beberapa isu seperti sudah tidak berlakunya slogan 4 sehat 5 sempurna, triple burden malnurition di Indonesia (stunting, obesitas & kekurangan zat gizi mikro dalam hal ini Fe) menjadi perhatian mengapa tema ini diangkat, agar menjadi strong why bagi para ibu sebagai garda terdepan kesehatan keluarga. Tidak hanya menyajikan olahan masakan yang lezat, namun juga bervariatif dan syarat gizi.

Sebagai pembuka dari kuliah zoom ini, Uma Hani, sapaan hangat dari narasumber, memaparkan sudut pandang yang juga tidak kalah penting. Bahwasanya kita sebagai muslim perlu untuk memperhatikan kehalalan dan thayyibnya apa yang kita konsumsi sehari-hari. Baik diterangkan secara eksplisit tercantum dalam Al Quran maupun ulama serta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dijelaskan pula bahwa makan merupakan aktivitas penting bagi tubuh. Karena nutrisi yang terdapat pada makanan tersebut akan bermanfaat bagi fungsi tubuh yang baik.

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; Karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 168).

Isi piringku merupakan kampanye dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tentang acuan sajian sekali makan yang digaungkan sejak 2017 sebagai Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang sebelumnya sudah dikeluarkan tahun 1995 (Rasnaya, 2020). Komposisi bahan makanan dalam isi piringku menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Komposisi tersebut juga berbeda pada setiap tingkatan usia mulai dari pemberian makan bayi dan anak (PMBA), balita, dan dewasa.

Mengapa komposisi ini menjadi penting? Karena setiap komponen bahan pangan (makanan pokok, buah-buahan, lauk pauk & sayuran) memiliki peranan yang berbeda bagi tubuh. Sebagai contoh pada anak serat berlebih dapat mengakibatkan sembelit sedangkan pada dewasa memberikan manfaat sistem pencernaan yang baik. Begitu pula dengan lemak pada anak yang berperan penting dalam tumbuh kembang dan kenaikan berat badan yang optimal, tapi tidak pada dewasa.

Mengapa perlu bervariasi? Karena tidak ada satu bahan makanan yang mengandung nutrisi lengkap bagi tubuh. Mengapa perlu cermat dalam mengolahnya? Semakin tepat mengolahnya semakin baik nutrisi yang terkandung dalam olahan yang kita sajikan.

Yuk, Moms, kita semangat dalam memberikan olahan makanan terbaik bagi keluarga.

Sumber :

Kuliah Zoom Rumbel Boga, oleh Siti Aliyah H. Nutrisi Keluarga. 2021

dr. M. Dejandra Ranasya. Penuhi Kebutuhan Gizi Seimbang dengan Panduan Piring Makan. 2020. dalam  artikel https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636769/penuhi-kebutuhan-gizi-seimbang-dengan-panduan-piring-makan

Kuliah Zooma : Cermat Pangan Olahan Balita. 2021. Meds-on. https://youtu.be/wFtzAehv33s

https://m.merdeka.com/sumut/makanan-halal-menurut-konsep-islam-dan-dalil-yang-mendasarinya-kln.html?page=2

Leave a Comment