merawat-bunga-mawar-online-2

Cara Merawat Bunga Mawar yang Dibeli Secara Online

Semenjak duduk di bangku SMA, saya sangat gemar bercocok tanam. Tumbuhan yang saya tanam sejak saat itu masih tertata rapi di halaman rumah. Sebut saja keladi yang saat ini sedang viral, anggrek, dahlia, bunga kupu-kupu (Oxalis triangularis), dan yang teristimewa, bunga mawar.

Bunga mawar, menurut bukti fosil, telah berumur kurang lebih 70 juta tahun. Tanaman ini berasal dari genus Rose, dan telah berkembang menjadi 150 spesies yang tersebar di belahan Bumi utara. Budidaya tanaman mawar dimulai pertama kali di China 5000 tahun yang lalu.

Di Indonesia sendiri, mawar mulai diperkenalkan pada abad ke-17 di masa penjajahan. Bunga ini ditanam di rumah-rumah pejabat Belanda masa itu. Masya Allah, bunga kegemaran saya ini telah melewati sejarah hidup yang panjang, ya.

Mawar memiliki beragam warna seperti merah, kuning, putih. Di rumah, saya membudidayakan mawar merah, kuning, putih dan pink. Bunga ini begitu indah dan sangat digemari, sehingga merawatnya harus rajin ya, Bun! Simak 6 cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga berikut ini.

  1. Penyiraman bunga sebaiknya dilakukan sehari dua kali, pagi sekitar jam 7-9 dan sore di jam 4-6.
  2. Rajinlah memangkas batang dan daun agar berkembang dengan baik, minimal 2 minggu sekali.
  3. Berikan pupuk kandang.
  4. Letakkan di bawah sinar matahari yang cukup. Bagi Bunda yang tinggal di rumah dengan intensitas cahaya matahari rendah, jemurlah tanaman mawar pada jam 6-10 pagi.
  5. Bersihkan tanaman liar yang tumbuh di dalam pot.
  6. Lakukan penyemprotan jika tanaman terinfeksi oleh hama. Tanaman ini rentan dengan serangan hama seperti jamur, kutu, dan ulat.

Karena pembelian mawar utuh cukup menguras dompet, banyak pegiat yang kini beralih membeli bibit mawar secara online. Nah, saya mau berbagi tips bagaimana merawat tanaman mawar yang dibeli online. Tips ini telah saya praktikkan, dan Alhamdulillah berhasil.

Sebelum-Sesudah Melaksanakan Tips Menanam Bunga Mawar Online (Dokumentasi Pribadi)
  1. Langkah awalnya adalah mempersiapkan media tanam. Siapkan pot ukuran sedang dulu ya, Bun. Isi bagian dalam pot dengan bebatuan, salah satunya batu bata yang telah dipecahkan. Campur merata tanah humus dengan padi kering dan pupuk kandang, lalu isi di atas lapisan batu. Diamkan selama dua minggu sebelum bunga mawar yang dipesan sampai di rumah.
  2. Ketika dikirim, bunga mawar tidak diletakkan di dalam pot. Sebaiknya langsung ditanam di media yang telah disiapkan ya, Bun.
  3. Setelah ditanam, siram bunga mawar hingga lembab.
  4. Letakkan pot di tempat yang lembab dan remang-remang, jangan biarkan terkena matahari langsung selama kurang lebih 2 minggu.
  5. Potong bagian tanaman yang busuk. Bekas potongan akan mengeluarkan tunas baru yang lebih subur.
  6. Setelah dua minggu, letakkan mawar di bawah sinar matahari. Siram rutin dua kali sehari.
  7. Lakukan pemupukan setelah tunas muncul. Biasanya, saya pakai pupuk kandang atau pupuk kompos buatan sendiri.
  8. Setelah bertunas dan berbunga letakkan kulit telur di permukaan tanah agar terhindar dari hama.

Selamat menerapkan tips merawat bunga mawar yang dibeli online di atas Bun. Mawar terawat hasil usaha sendiri pasti membuat hati Bunda senang. Jika Bunda menikmati prosesnya, aktivitas budidaya mawar ini dapat menjadi langkah self healing yang baik setelah menghadapi berbagai masalah kehidupan.

Bunda adalah jantung keluarga, maka Bunda yang bahagia akan menulari keluarga. Rida suami diperoleh, aktivitas publik dan domestik otomatis berjalan lancar. Salam sayang dariku untuk semua ibu pembelajar yang masih terus berjuang.

Penulis: Eva Ramadhani (Mahasiswi Kelas Bunda Cekatan #2, Institut Ibu Profesional Bandung)

Leave a Comment