kaulinan istri public sepaking

Public Speaking Kaulinan Istri : Belajar yang membahagiakan

Bismillahirrahmanirrahim.
Sampurasun Bunda dan calon Bunda kebanggaan keluarga.
Pada kesempatan ini, saya akan berbagi pengalaman belajar Public Speaking Kaulinan Istri yang seru dan membahagiakan.

Apa yang ada dalam benak Bunda dan calon Bunda sekalian, saat mendengar kata “Kaulinan”? Pasti yang terlintas dalam benak kita adalah sebuah permainan yang tentunya sangat menyenangkan. Kata “Kaulinan” berasal dari Bahasa Sunda yang artinya permainan. Sedangkan kata “Istri” artinya perempuan.

Program Kaulinan Istri Komunitas Ibu Profesional Bandung

Tahun 2020 kemarin, salah satu komponen Ibu Profesional Bandung, Kampung Komunitas, mengadakan Program Kaulinan Istri. Program Kaulinan Istri ini dilaksanakan serentak oleh semua Rumah Belajar yang ada di Komunitas Ibu Profesional Regional Bandung. Termasuk di dalamnya Rumah Belajar Public Speaking.

Kaulinan Istri adalah program kuliah berjenjang. Seorang istri dan calon istri yang berkecimpung di ranah domestik maupun publik tetap membutuhkan ruang untuk terus berkembang. Program ini dilaksanakan dalam jangka waktu 3 bulan. Pertemuannya dilaksanakan secara online seminggu sekali. Kuliah berjenjang ini dimulai pada bulan Oktober 2020.

Program Kaulinan Istri berbeda dengan program lainnya karena program ini terstruktur dan tertarget. Untuk mengikuti program ini kita dikenakan biaya operasional yang disesuaikan dengan kondisi setiap member. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang program Kaulinan Istri dapat didengarkan di Podcast Filosofi Ibu Episode 16.

Kaulinan Istri Rumah Belajar Public Speaking

Sebagai rumah para istri dan calon istri yang ingin terampil dan cakap dalam berbicara di depan publik, Rumbel Public Speaking pun ikut melaksanakan program Kaulinan Istri dengan mentor Teh Lida Maulida, S.Kom.I. Member Ibu Profesional Bandung pasti sudah familiar dengan beliau yang kebetulan juga menjabat sebagai Leader Komunitas IP Bandung periode 2020-2022.

Program Kaulinan Istri Rumah Belajar Public Speaking dimulai pada tanggal 16 Oktober 2020. Berikut adalah materi-materi yang diberikan:

  1. Teori dasar Public Speaking
  2. Tantangan dalam Public Speaking dan memahami audiens
  3. Teknik menyusun dan menguasai materi
  4. Teknik komunikasi non-verbal
  5. Teknik komunikasi verbal
  6. Praktik

Untuk materi teknik komunikasi non-verbal dan verbal, disampaikan oleh seorang mentor tamu yang merupakan Broadcaster dan Certified Public Speaker yaitu Teh Alexandria Cempaka H.

Pertemuan keempat Kaulinan Istri Rumbel Public Speaking

Setelah setiap materi diberikan di setiap pertemuannya, peserta akan mendapatkan tugas atau challenge yang harus dikumpulkan sebelum pertemuan berikutnya. Challenge-challenge yang diberikan membuat peserta semakin bahagia saat berbicara. 

Challenge yang paling berkesan untuk diri saya adalah challenge terakhir yaitu Parade Live. Peserta harus membuat siaran langsung di akun media sosial masing-masing. Waktu yang diberikan untuk berbicara hanya 5 menit saja, tapi saat rekaman rasanya lama sekali.

“Berbicaralah tentang hal yang ‘gue banget’, pasti akan terasa menyenangkan”.

(Lida Maulida)

Itu adalah salah satu nasihat dari mentor yang selalu saya ingat. Dari program Kaulinan Istri di Rumah Belajar Public Speaking, saya belajar dan menemukan tema apa yang paling membuat saya bahagia saat berbicara.

Penulis: Tri Wahyuni Purnawati

Tim Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung

Leave a Comment