cookie, biscuit, round

Kudapan Manis vs Kudapan Sehat

Kudapan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penganan yang dimakan di luar waktu makan; makan kecil (https://kbbi.web.id/kudapan). Ada yang menyebutnya kudapan, camilan, makanan selingan, makanan ringan maupun snack. Seperti yang sudah kita ketahui pada umumnya kita mengkonsumi makanan 5x dalam sehari. Berupa 3x makanan utama dan 2x kudapan.

Kudapan manis terkadang menjadi salah satu pilihannya. Tidak hanya digemari anak-anak kita orang dewasa pun menyukai jenis kudapan ini. Ragam jenis kupadan manis mudah sekali kita temui. Coklat, permen, biskuit ataupun minuman yang berwarna warni. Selain merusak gigi, konsumsi kudapan manis dapat memengaruhi kesehatan seperti obesitas juga penyakit degenaratif (diabetes dan jantung).

Nah kembali lagi ni.. Sebetulnya apa sih fungsi kudapan? Kudapan ini ternyata berfungsi untuk melengkapi asupan gizi yang mungkin tidak terpenuhi dari makanan utama tadi Moms (Jurnalis, 2008). Kudapan juga bermanfaat dalam mengontrol nafsu makan. Kudapan ini akan membuat perut terasa penuh sehingga mengurangi makan secara berlebihan ketika waktu makan utama tiba. Metabolisme tubuh misalnya perncernaan sehat apabila memilih kudapan tinggi serat pada dewasa. Gula darah pun menjadi stabil (halodoc, 2021). Dari uraian di atas perlu menjadi bahan pertimbangan bagi kita ketika memberikan/ menyajikan kudapan keluarga.

Berikut beberapa pilihan kudapan untuk mengganti kudapan manis yang mengandung gula terutama untuk anak-anak dengan penyajian yang menarik.

  1. Potongan buah segar

Beberapa buah mengandung gula alami yang tentunya akan disukai anak-anak, misalkan buah mangga, melon, semangka, apel dan lain sebagainya. Selain rasanya manis, mengkonsumsi buah segar lebih menyehatkan. Bisa pula ditambahkan dengan yoghurt sebagai toppingnya.

  • Puding buah

Rasa manis pada puding bisa didapatkan dari buah-buahan yang manis, dengan menyajikannya di cetakan-cetakan yang lucu, anak-anak tentu akan menyukainya.

  • Popsicle buah

Untuk anak yang menyukai manis dan es krim, membuat popsicle buah menjadi pilihan yang tepat. Menyajikannya dengan berbagai warna tentu akan menarik minat anak-anak.

  • Yoghurt buah

Yoghurt buah juga bisa menjadi pilihan untuk anak yang menyukai kudapan manis dan dingin. Memasukan potongan buah dalam yoghurt pun bisa menambah sensasi kriuk dalam menyantap yoghurt buah ini (dr. Dyan Mega Inderawati, 2019).

Selain beberapa jenis kudapan di atas, olahan kudapan tradisional Indonesia juga bisa menjadi pilihan lho! Kalau yang ini dua dari beberapa kreasi kudapan sehat ala teman-teman dari Rumah Belajar Boga. Selamat mencoba <3

Mengganti kudapan manis dengan kudapan sehat tentu bukanlah hal yang mudah. Namun janganlah patah semangat, tetaplah berikan yang terbaik untuk keluarga apalagi anak-anak. Anak-anak kita kelak akan menjadi penerus bangsa. Harapan kita bersama tentunya memiliki generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas.

Daftar Pustaka :

https://kbbi.web.id/kudapan diakses pada 24 Juni 2021.

Sindo, jurnalis. 2008. Pentingnya Kudapan Bergizi. https://lifestyle.okezone.com/read/2008/02/06/27/81405/pentingnya-kudapan-bergizi. Diakses pada 24 Juni 2021.

dr. Dyan Mega Inderawati. 2019. Camilan Sehat untuk Anak yang Doyan Makanan Manis. https://www.klikdokter.com/rubrik/read/3621068/camilan-sehat-untuk-anak-yang-doyan-makanan-manis. Diakses pada 24 Juni 2021.

Halodoc. 2021. Camilan. https://www.halodoc.com/kesehatan/camilan. Diakses pada 24 Juni 2021.

Penulis: Wamella Fitrya Indrasukma dan Deti Phita, Rumah Belajar Boga Bandung

Leave a Comment