sewing needle, thread, mend

Membuat Lubang Kancing Manual? Siapa Takut!

Bagi sebagian orang, membuat karya jahit merupakan sesuatu hal yang sangat mengasyikkan. Tidak jarang juga bisa menjadi mood booster karena dapat mengekspresikan sesuatu hal yang bisa kita inginkan dari model jahitan dan potongannya. Bila sudah menjadi sebuah karya jahit, tak sedikit rasa bangga kepada diri atas pencapaian saat dikenakan.

Tetapi, di dalam menjahit juga sering kali terbentur dengan beberapa hal, seperti proses dan teknik yang harus dilakukan agar menjadi sebuah karya yang diimpikan. Salah satu faktor seperti tidak tersedianya mesin jahit, mesin obras, mesin lubang kancing, dan mesin-mesin pendukung lain yang sering diperlukan untuk membuat sebuah karya jahit.

Bagi yang tidak memiliki mesin jahit, pada artikel sebelumnya telah dijelaskan sedikit mengenai berbagai tusuk dasar dalam menjahit.

Rumbel menjahit IP Bandung melaksanakan Kaulinan Istri dengan tema “Praktik kemampuan dasar tambahan menjahit” dengan mentor yang sangat ramah dan memiliki kreativitas yang mempuni yaitu Teh Nofy Setiawati.  Saat itu peserta diberi sedikit pelatihan untuk praktik membuat lubang kancing manual. Sebelum dimulainya praktik, saya sempat berpikir, “Memang bisa, ya, gak pakai mesin membuat lubang kancing?”

Dan ternyata Teh Nofy mempraktikan langsung cara melubang kancing manual yang bisa dilakukan kurang dari 5 menit saja. Sebelumnya beliau mempersiapkan alat-alat apa saja yang digunakan seperti: kapur, penggaris, gunting, benang, dan jarum jahit. Selanjutnya Teh Nofy menggunakan teknik jahit tusuk feston. Hasil yang tidak beda dengan lubang kancing yang biasa dikerjakan oleh mesin telah berhasil dibuat. Maa syaa Allah… terbelanga sekali melihatnya. Terkadang kita terlalu insecure dengan suatu hal, ternyata semuanya bisa dengan mudah diselesaikan jika ada ilmunya.

Mari bersemangat berdaya dalam berkarya.

Penulis: Rumbel Menjahit Ibu Profesional Bandung

Leave a Comment