Broadcasting Training: Menantang Namun Membahagiakan

Sampurasun, salam hangat teruntuk Bunda dan calon Bunda kebanggaan keluarga.
Pada kesempatan ini, izinkan saya berbagi pengalaman tentang serunya belajar Public Speaking dan mengoperasikan StreamYard di Broadcasting Training. Penasaran seperti apa keseruannya? Yuk, kita simak.

Tantangan Broadcasting Training

Berawal dari sebuah keresahan ketika berbicara di depan banyak orang, ternyata hal tersebut menjadi sesuatu yang menantang bagi saya. Ketika saya harus menyampaikan informasi kemudian begitu banyak pasang mata yang tertuju pada saya, rasanya cukup bikin deg-degan, ya.

Hmm… Lalu bagaimana sih caranya agar bisa menjadi public speaker yang baik? Yang tidak hanya menyampaikan isi materi, namun dapat menghibur audience, meningkatkan kredibilitas, dan juga bisa storytelling secara spontan agar tidak terlihat kaku di atas panggung.

Kegiatan Broadcasting Training

Alhamdulillah, pekan lalu saya dapat mengikuti pelatihan yang sangat menarik dan tentunya relevan dengan dunia Public Speaking. Yaitu Broadcasting Training dengan tema Bersanding dengan Public Speaking, Bersahabat dengan StreamYard yang diselenggarakan oleh Rumah Belajar Public Speaking Ibu Profesional Bandung bekerjasama dengan Resource Center Ibu Profesional (RCIP) Bandung.

Training ini diselenggarakan pada tanggal 22 Juli 2021 hingga 3 Agustus 2021 yang diikuti oleh 50  Peserta. Pembelajaran dilakukan secara virtual melalui media WAG, Google Classroom & Zoom Meeting.

Semua kegiatan pembelajaran yang disajikan begitu terkonsep dan memudahkan peserta dalam belajar selama masa training berlangsung. Ditambah lagi, kehadiran pemateri yang sangat profesional dan luar biasa. Pemateri pertama adalah Mbak Sara Neyrhiza, seorang praktisi di dunia komunikasi dan juga seorang influencer dari IP Solo. Pemateri kedua adalah Mbak Asmaul Husna yang sudah sangat berpengalaman dalam mengoperasikan StreamYard dari IP Asia.

Flyer Broadcasting Training

Sesi Pertama Materi Public Speaking dari Mbak Sara Neyrhiza

Selama materi berlangsung, saya sangat terpukau dengan cara penyampaian materi yang disampaikan oleh Mbak Sara. Materi dikemas secara menarik dengan judul The Art of Modern Communication.

Sangat terlihat jelas bahwa beliau sudah memiliki banyak jam terbang dalam ranah public speaking. Hal tersebut terlihat dari penyampaian yang lugas, on point dan mudah dimengerti. Sungguh membuat saya dapat mencerna setiap materi dengan lebih baik.

Dari pemaparan beliau, komunikasi yang efektif dapat terjadi apabila 3 komponen ini dapat terpenuhi.

1. Tujuan (Objective)

Ada beberapa tujuan yang dapat mempengaruhi cara atau gaya dalam berkomunikasi. Ada yang bertujuan untuk memimpin (leadership), memotivasi (motivation), berbagi ilmu pengetahuan (sharing knowledge), mempengaruhi atau mengajak (influence and persuasion) dan yang terakhir adalah untuk menghibur (entertainment).

2. Penonton (Audience)

Melakukan riset atau mencari tahu terlebih dahulu latar belakang audiens juga menjadi salah satu hal yang penting. Tak kenal maka tak sayang, bukan? Hehe.

Bagaimana bisa memahami dan memberikan apa yang audiens inginkan jika kita tidak mengenal siapa mereka? Ketika kita tidak tahu sudut pandang audiensyang mendengarkan kita, tentu proses komunikasi tidak akan terjalin.

3. Persiapan (Preparation)

Sebelum tampil di depan audiens, kita perlu mempersiapkan segala aspek yang dibutuhkan saat di atas panggung. Tidak hanya soal penguasaan materi, tapi dari kesiapan mental, olah vokal bahkan hingga penampilan. Semuanya tentu harus dalam persiapan yang sangat matang.

Materi Public Speaking di Broadcasting Training

Setelah pemaparan materi, para peserta training di berikan tantangan untuk bisa tampil secara live dengan durasi 10 menit. Untuk saya yang baru pertama kali mencoba untuk live di media sosial, tantangan ini menjadi pengalaman tersendiri bagi saya.

Sesi Kedua Materi StreamYard oleh Mbak Asmaul Husna

Materi kedua pada kegiatan Broadcasting Training adalah tentang bagaimana cara mengoperasikan StreamYard. Fitur ini jujur cukup asing bagi saya, bahkan ini adalah kali pertama saya belajar dan mengenal StreamYard. Setelah mendapatkan pemaparan materi dari mbak Asmaul Husna, saya sangat takjub! Ternyata ada fitur sekeren ini, loh.

Setelah semua materi mengenai StreamYard dikupas tuntas oleh mbak Asmaul Husna, para peserta kembali ditantang untuk melakukan siaran live dengan mengaplikasikan StreamYard, berbeda dengan tantangan pertama, kali ini peserta harus menaklukan tantangan secara berkelompok.

Rasanya, setiap momen pada training ini memiliki makna dan kesan yang luar biasa. Bisa menemukan hal dan ilmu baru dalam dunia public speaking adalah hal yang membahagiakan.

Terima kasih, dari kegiatan Broadcasting Training ini saya belajar untuk dapat menaklukan diri sendiri, berani tampil dan mau belajar lebih banyak lagi.

Penulis: Shintya Dewi

Member Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung

Leave a Comment