mason jars, dehydrated, fruit

Mengenal Lebih Dekat Food Preparation

Halo sahabat boga semua! Sudah kenal dengan istilah food preparation atau foodprep? Atau ada sahabat boga di sini yang sudah rutin menjalankan foodprep di rumah?

Tanggal 8 Juli lalu, Rumbel Boga Ibu Profesional Bandung mengadakan kuliah zoom tentang mengenal lebih dekat foodprep bersama teh Nita Susanti, salah satu pegiat foodprep.

Apa sih food preparation itu? Food preparation adalah sebuah metode mempersiapkan bahan makanan dari bahan baku mentah menjadi bahan siap masak. Untuk memulai foodprep bisa dilakukan dengan menyusun meal plan/ menu masakan terlebih dahulu selama satu pekan ke depan atau disesuaikan dengan kebutuhan masing masing di rumah.

Lalu apa manfaat foodprep? Beberapa manfaat melakukan foodprep di antaranya:

  1. Mengurangi limbah makanan atau food waste. Karena bahan masakan yang sudah kita pilah dan kita simpan di food container akan terjaga kesegarannya lebih lama, sehingga meminimalisir bahan masakan busuk dan bisa mengurangi sampah makanan.
  2. Menghemat tenaga, biaya, waktu dan tenaga.

Meski diawal kita membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk melakukan foodprep, namun di hari-hari berikutnya waktu memasak kita akan menjadi lebih singkat karena sudah disiapkan sebelumnya. Biaya untuk belanja bahan masakan pun menjadi lebih terorganisir karena sudah disesuaikan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

  1. Membuat bahan masakan segar lebih lama.
  2. Kulkas lebih tertata rapi.

Tips menyimpan bahan makanan:

  1. Protein hewani

Semua protein hewani dicuci terlebih dahulu dengan air mengalir, kecuali daging sapi dan daging kambing. Simpan di freezer, jika ingin disimpan dalam keadaan matang bisa disimpan di chiller untuk 3-5 hari ke depan.

  1. Proten nabati

Ada dua cara penyimpanan tahu dan tempe: direbus terlebih dahulu dengan air mendidih yang sudah ditambahkan bawang putih geprek, salam dan penyedap rasa; atau disimpan langsung di wadah kedap udara yang sudah dilapisi tisu kering. Atau untuk tahu direndam dengan air bersih di wadah kedap udara.

  1. Sayuran

Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam petik terlebih dahulu, kemudian masukan ke dalam wadah kedap udara yang sudah dialasi tisu dapur atau bisa dimasukan ke dalam zipper bag. Boleh dicuci dahulu atau tidak, namun pastikan sayuran dalam keadaan kering saat dimasukan ke dalam wadah.

Begitupun dengan sayuran lain seperti wortel, buncis, kacang panjang dll.

  1. Kentang, bawang merah, dan bawang putih

Bisa disimpan di suhu ruang dan biarkan terbuka. Pastikan ketiga bahan ini tidak lembab.

  1. Daun-daunan

Untuk daun salam, daun jeruk, dan daun pandan agar lebih tahan lama bisa disimpan di freezer, cuci bersih terlebih dahulu kemudian keringkan dan masukan ke dalam wadah kedap udara.

  1. Lain lain

Untuk bahan makanan lain seperti tauge dan rempah seperti jahe dan lengkuas, cuci bersih, direndam dalam air, dan disimpan dalam wadah kedap udara. Untuk rempah jahe dan lengkuas bisa disimpan di chiller, sedangkan untuk tauge disimpan di rak kulkas bagian bawah.

Cara menyimpan bahan makanan ini sifatnya subyektif ya, jadi bisa menggunakan cara/metode penyimpanan yang dirasa nyaman dan efektif bagi sahabat semua.

Yuk sama sama belajar!

Sumber:

Foto: IG @nitasusanti

Kulzoom Rumbel Boga bersama teh Nita susanti

m.kumparan.com

Penulis : Nisa Rohmaniyah, RumBel Boga Ibu Profesional Bandung

Leave a Comment