StreamYard untuk Public Speaking di Kegiatan Broadcasting Training

Sampurasun sadayana!
Semoga semua Bunda dan calon Bunda beserta keluarga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan ya. Di era pandemi saat ini, teknologi sangat dimanfaatkan untuk berkomunikasi, bahkan dapat digunakan untuk mencari penghasilan. Sebagai seorang ibu, kita pun bisa berkarya dengan memanfaatkan teknologi. Misalnya saja berbagi dengan melakukan Public Speaking menggunakan StreamYard.

Public Speaking dan StreamYard

Dengan public speaking, kita bisa mem-branding diri sendiri menjadi apapun. Bahkan kita bisa membuat penonton percaya dengan yang apa yang kita bicarakan. Tapi apa semudah itu? Beberapa orang ada yang mudah, karena memang karakter dirinya dan pembawaanya mudah berbicara di depan umum. Ada pun yang sulit berbicara karena memang karakternya pendiam tapi dituntut untuk berbicara di depan umum. Salah satu kunci dalam belajar Public Speaking adalah berlatih.

Public speaking erat sekali kaitannya dengan suatu acara. Nah, dalam era pandemi sekarang yang serba online, banyak pembuat acara mencari alternatif menyajikan acaranya dalam bentuk live broadcasting. Salah satu aplikasi untuk broadcast adalah StreamYard. Buat teman-teman yang sering nonton Ipedia Beritabaik di YouTube, pasti udah sering lihat tampilan acaranya yang keren. Udah kayak kita nonton berita atau acara-acara talkshow di stasiun TV gitu.

Kegiatan Broadcasting Training

Rumah Belajar Public Speaking Ibu Profesional Bandung bekerjasama dengan Resource Center Ibu Profesional (RCIP) Bandung telah mengadakan kegiatan Broadcasting Training. Dengan tema Bersanding dengan Public Speaking, Bersahabat dengan StreamYard pada tanggal 22 Juli 2021 hingga 3 Agustus 2021.

Pada tulisan Broadcasting Training menantang namun membahagiakan telah dibahas tentang keseruan materi Public Speaking dari Mbak Sara. Kali ini saya akan berbagi tentang keseruan materi StreamYard yang dibahas oleh mbak Asmaul Husna.

Materi StreamYard di Broadcasting Training oleh Mbak Asmaul Husna

Apa sih StreamYard?

StreamYard merupakan layanan streaming yang penggunaannya tidak perlu menggunakan aplikasi. Cukup menggunakan browser seperti Chrome, Mozilla, ataupun Opera. StreamYard bisa dihubungkan dengan berbagai layanan streaming lain, seperti Youtube, Facebook, Twitter, dan Linkedin. Di kegiatan Broadcasting Training ini, kami belajar praktek menggunakan StreamYard ke Facebook.

Kenapa memilih StreamYard?

1. StreamYard mudah digunakan, tanpa perlu aplikasi.

2. Dapat memunculkan komentar saat live, sehingga ada interaksi yang membuat acara lebih hidup.

3. Akun free bisa digunakan selama 20 jam live streaming per bulannya.

Kekurangan StreamYard itu lumayan mengambil koneksi yang cukup kuat sehingga kuota yang dipakai juga cukup besar. Akun free berbeda dengan akun berbayar dan profesional. Pada akun free, tidak bisa ganti logo dan overlay dan maksimal hanya 6 orang yang berada di studio streaming

Apa saja fitur-fitur StreamYard?

1. Icon dan tulisan “Comments untuk menampilkan komentar atau pertanyaan dari penonton.

2. Icon dan tulisan “Banners untuk menaikkan judul acara ataupun running text.

3. Icon dan tulisan “Brand”. Ini yang paling menarik dari StreamYard, karena bisa membuat tampilan studio seperti di stasiun TV. Di dalamnya kita bisa merubah tampilan warna, tema, overlay, logo, memasukkan video clip, mengubah background, memunculkan atau menutup nama pembicara.

4. Icon dan tulisan “Private Chat” untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di studio. Tujuannya untuk memudahkan kordinasi antara operator, pemandu acara, maupun pembicara yang sedang live. Percakapan di private chat tidak akan muncul ke layar penonton.

5. Icon dan tulisan “Setting”. Di fitur ini, kita bisa mengatur microfone, kamera, kualitas broadcast, greenscreen dan juga pengaturan tamu.

6. Icon tampilan untuk pembicara/participant saat live stream. Tampilan ini dapat dipilih sesuai keperluan acara. Ada solo layout, two layout full screen, two layout yang memuat background, layout untuk lebih dari dua orang, layout satu atau dua pembicara dan share screen, dan layout untuk full share screen.

7. Ketika kita menjadi pengisi acara yang streaming menggunakan StreamYard, tapi tandanya masih ada tulisan “add to stream” berarti kita masih ada di ruang tunggu, belum masuk ke panggung studio streaming. Bila sudah berubah menjadi biru, baru kita sudah tampil di panggung acara.

Bagaimana sih cara menggunakan StreamYard?

1. Langsung ke http://StreamYard.com menggunakan browser Chrome, Mozilla, atau Opera.

2. Log in untuk email yang sudah didaftarkan. Kalau belum memiliki akun StreamYard, bisa klik Get started untuk registrasi emailnya. Tidak perlu menggunakan password ataupun data pribadi. Hanya menggunakan login code yang dikirim ke email yang terregistrasi. Ingat! Login code hanya valid selama 15 menit.

3. Ketika masuk ke StreamYard, kita akan masuk ke broadcasting station layaknya mengoperasikan acara TV. Sebelum membuat studio streaming, alangkah baiknya untuk memilih destination streaming, akan ditayangkan ke profile facebook, fanpage facebook, facebook group, ataupun youtube.

4. Cara membuat studio streaming juga mudah, tinggal klik “create a broadcast”. Setelah itu, pilih tujuan channel streaming. Bagian title untuk diisi judul event broadcast, dan description/deskripsi event yang kita lakukan. Disana kita bisa pilih untuk menjadwalkan kapan streamingnya. Lalu, klik create broadcast. Nanti di beranda akan muncul nih studio yang kita sudah jadwalkan. Bila sudah waktunya, kita bisa klik “enter studio”.

5. Setelah itu, kita bisa ganti nama yang akan terdisplay saat streaming. Kita akan masuk ke studio streaming lagi untuk edit fitur yang sudah dijelaskan di atas. Kita bisa undang pembicara atau participant melalui fitur invite. Lalu, bila sudah siap memulai acara, bisa langsung klik start live” untuk memulai acaranya secara live broadcasting.

Praktek StreamYard di Broadcasting Training

Setelah pemberian materi StreamYard dari Mbak Asmaul Husna, kami diberikan kesempatan untuk latihan berkelompok membuat event singkat menggunakan StreamYard. Saya masuk ke kelompok 6 dan membuat acara 6th Group Sharing Night Episode Financial Hacks.

Acara kami cukup seru karena tim singkat ini berhasil menaklukkan diri dan segala kendala. Kami menyatu menjadi tim yang menerima setiap kesulitan teman setim dan membangun event latihan ini menjadi tanggung jawab bersama. Takjub sekali dan bersyukur ketika kami terpilih menjadi kelompok terbaik padahal tidak ada satu pun diantara kami yang saling kenal sebelumnya.

Jadi, di Ibu Profesional Bandung, di Rumbel Public Speaking, dan di kegiatan Broadcasting Training ini saya belajar untuk menerima, mendengar, berbagi, dimanapun, kapapun untuk menjadi pribadi yang selalu bergerak lebih baik setiap harinya. Untuk dampak kegiatan Broadcasting Training yang lebih detaildapat dibaca di link ini.

Being life means doesn’t stop being a learner”

Itulahquotes yang selalu menjadi pegangan saya. Karena belajar tidak bisa berhenti sampai kapan pun, hanya berhenti ketika kita sudah di nafas terakhir. Sampai jumpa lagi!

Penulis: Dian Chairunnisa Sodik

Member Rumbel Public Speaking Ibu Profesional Bandung

Sumber Referensi:

Materi bersahabat dengan StreamYard oleh Asmaul Husna dalam kegiatan Broadcasting Training (2021)

Leave a Comment