The Power of Mindset

Dalam menjalankan kehidupan, mindset menempati posisi pertama yang menentukan tingkat keberhasilan. Begitu pula dengan bisnis, yang menentukan kesuksesan bisnis kita adalah: 10% omset, 90% mindset.

Porsi mindset lebih besar daripada omset.

Jadi kalau mindsetnya di awal sudah jelek, dipastikan hasilnya gagal.

Bukan hanya soal bisnis, kehidupan sehari-hari yang kita jalani terkadang gagal karena mindset kita yang salah. Jadi, yang pertama kali harus dibangun untuk memulai bisnis online adalah MINDSET. Baru setelah itu menyusul niat, kemauan, tekad, semangat, ilmu, melek teknologi, dan lain-lain.

Ingat, yang pertama harus diperbaiki adalah mindset, jangan dibalik.

Mindset ini juga soal tujuan kita berbisnis.

Tidak heran banyak mereka yang gagal dan bahkan bangkrut karena mindset dari awal sudah salah. Mari perbaiki tujuan berbisnis kita mulai dari sekarang jika ingin hasil yang luar biasa. Tujuan ini akan menjadi tolok ukur perilaku kita selanjutnya dalam menjalankan bisnis online dari rumah ini.

Tujuan ini otomatis akan direkam di bawah alam sadar pikiran kita. Seiring dengan sikap dan perilaku-perilaku kita, dan alam semesta serta merta membantu mewujudkan tujuan itu.

Apa yang harus kita lakukan?

PERTAMA

Setting lagi mindset kita. Yakini bahwa dagangan kita akan laris. Percaya bahwa produk kita banyak yang suka. Yakinlah bahwa stok kita akan habis.

KEDUA

Tentukan target yang besar. Jangan biasa-biasa saja. Bikin yang menantang meskipun tidak ada target dari suplier kita. Buat target untuk diri sendiri. Ketika diberi target, lagi-lagi mindset berperan. Bukankah Allah itu sesuai prasangka hambanya?

KETIGA

Pelajari ilmu bisnis. Jangan ragu ngemodal buat cari ilmu. Jangan sayang mengeluarkan uang buat investasi leher ke atas. Allah memberi sesuai dengan usaha hambanya. Kebanyakan orang yang sulit sukses selalu punya alasan untuk belajar.

KEEMPAT

Sertakan selalu doa-doa dalam setiap keputusanmu. Tak ada kesuksesan yang membahagiakan tanpa doa. Tak ada keberkahan menjalani hidup tanpa doa,  jangan pernah dilupakan. Percayalah, NEW MINDSET, NEW RESULT.

Berikut ini adalah mindset yang sering ada pada pebisnis pemula yang harus diperbaiki :

1. Takut Gagal

Jangan pernah takut gagal. Karena kalau kita takut gagal kita tak akan pernah berani mencoba dan kita tak akan pernah tahu bahwa sesungguhnya kita bisa. Hanya orang yang berani gagal besar yang akan meraih sukses besar. -F. Kenedy-

2. Takut Rugi

Pahami dengan baik, bahwa bisnis itu ada untung ada rugi. Rugi adalah kesempatan kita untuk mengevaluasi bisnis kita agar menjadi lebih baik. Dan hanya orang yang pernah mengalami kerugian yang akan lebih menghargai makna keuntungan.

3. Selalu berpikir negatif

90% apa yang terjadi pada kita, tergantung pada pikiran. Jika berpikir negatif, negatiflah yang terjadi. Begitupun sebaliknya.

4. Takut pada target

Tidak usah takut. Terima saja. Toh kalau tak tercapai, target itu nggak akan membunuhmu. Paling jelek yang dikeluarkan atau diskonnya diturunkan. Besoknya bisa jualan lagi produk yang sama atau yang lain.

5. Tidak kunjung mulai karena tidak ada modal

Ingat, semua yang ada di dirimu itu bisa jadi modal. Badan sehat, teman baik, network yang luas, semangat dan kemauan tinggi. Itu bisa jadi modal. Geraklah dengan semua potensi yang kamu punya.

6. Senang Berhutang

Punya hutang itu sengsara, hidup nggak tenang, tidur nggak nyenyak mikirin hutang. Hari-hari penuh kecemasan. Kalau bisnis gagal galau karena harus bayar hutang, terlebih hutang bank. Capek-capek kerja cari rupiah hanya dipakai buat nyicil hutang.

7. Pengen untung besar tapi nggak mau keluar modal

Ikan besar hanya bisa dipancing dengan umpan yang besar. Jika pengin untung lebih besar, jangan heran kalau harus mengeluarkan modal besar. Kalau ingin hasil maksimal ya harus usaha maksimal pula.

Jadi ketika sayang mengeluarkan modal besar, jangan berharap dapat untung besar sekaligus.

8. Mental Gratisan

Buang jauh-jauh sifat ini. Jangan mengharapkan apa-apa gratis. Kalau sudah saatnya kamu mendapatkan sesuatu dengan gratis, InsyaAllah Allah juga akan memudahkan jalannya.

9. Bisnis ingin cepat besar. Tak menikmati proses.

Sukses tidak diperoleh dengan instan, butuh proses dan usaha secara konsisten, butuh perjuangan, usaha  dan kerja keras secara terus menerus, bertahun-tahun.

Ikuti prosesnya dari mulai tanpa orderan, lalu 1 perhari, 2, 10, 100 dan seterusnya. Jika dilakukan maksimal dan terus menerus, InsyaaAllah akan ada saatnya kita menuai hasil usaha yang selama ini kita kerjakan.

10. Bisnis saya kecil-kecilan jadi tidak butuh sistem

Buatlah Visi Misi, buat sistem. Buat jobdesk untuk diri kita sendiri. Catat apa saja tugas kita. Buat target-target yang harus dicapai. Miliki meja kerja meski hanya meja kecil di sudut kamar. Berlakukan jam kerja sebagaimana jam profesional meskipun semua dikerjakan sendiri.

11. Saya tak berbakat bisnis

Salah! Bisnis itu bukan bakat! Sukses bisnis bukan karena bakat, tapi karena usaha maksimal dan konsisten, terus menerus dengan ilmu yang tepat dalam menjalankan strategi yang dibutuhkan perusahaan.

Sumber: Kulgram teh Dini Fitriyah (Dini Mouza)

Sumber buku: Reseller Hebat, Omset Melesat “Bab 1 Mindset Tepat”, oleh Dewa Eka Prayoga

Dirangkum oleh Halimah Dwi Sekar

Leave a Comment